Mohon tunggu...
wawan s
wawan s Mohon Tunggu... Buruh - Belajar menulis

Belajar menulis. Menulis sambil belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengintip Gambaran Awal Metaverse

5 Desember 2021   18:38 Diperbarui: 5 Desember 2021   18:44 150 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seperti apakah Metaverse itu? Tulisan ini mencoba merangkum dari berbagai sumber.

Kita belum tahu seperti apakah Metaverse, karena Metaverse diperkirakan baru akan terwujud sepuluh tahun lagi. Namun, para ahli dan penulis mencoba untuk meraba-raba seperti apakah gambaran mengenai Metaverse. 

Memang baru gambar awal, yang bisa berubah. Yang pasti, Metaverse akan membawa semakin banyak indera kita ke dunia virtual. Berikut, beberapa poin yang menjadi gagasan pada saat ini.

Metaverse merupakan dunia virtual yang membawa internet terasa nyata. Lihatlah bagaimana trend media komunikasi berkembang. Mulai dari suara, gambar dan suara, kemudian ngobrol versi tulisan (chating),  konferensi virtual, avatar dan seterusnya. Metaverse mungkin akan menjadi dunia virtual namun semakin nyata.

Metaverse tak hanya membuat penggunanya melihat, namun juga memasuki dunia maya. Tentu alat yang digunakan berbeda dengan alat yang ada sekarang. Karena monitor yang ada sekarang baru mengakomodasi indera penglihatan.

Metaverse bisa diakses dengan alat yang berbeda. Alat semacam google glass adalah salah satunya. Tentu Metaverse akan semakin "laku" jika bisa diakses dengan semacam smart phone generasi yang lebih canggih dari yang saat ini ada.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam Metaverse: mengikuti (bukan hanya menonton) event secara virtual, melakukan perjalanan, menggunakan produk secara virtual.

Ada juga gagasan bahwa dalam Metaverse terdapat lahan, seperti di dunia nyata, dan lahan tersebut bisa dimiliki.

Metaverse menjadi realitas virtual di mana pengguna bisa mencipta, mengeksplorasi, menghubungkan dan bahkan bisa menjadi "tempat" bekerja.

Dengan Metaverse, orang bisa mencipta avatar, mengkonstruksi dan mendekorasi ruangan.

Dalam Metaverse orang bisa berjalan-jalan dalam ruang virtual (bukan hanya menonton) dan bisa menambah benda-benda virtual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan