Mohon tunggu...
Warkasa1919
Warkasa1919 Mohon Tunggu... Freelancer - Pejalan

Kata orang, setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Beberapa Gaya Hidup Zero Waste untuk Peduli Bumi

15 Oktober 2021   21:52 Diperbarui: 15 Oktober 2021   22:06 221 30 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto oleh Michael Burrows dari Pexels

Menerapkan gaya hidup dengan alih-alih zero waste sebenarnya cukup mudah untuk Kita lakukan. Sebagai permulaannya, Kita bisa memulainya dari kebiasaan sehari-hari di rumah saja. Misalkan kita bisa menerapkannya di dalam kegiatan membuang sampah atau saat memilih tas belanjaan. Sebenarnya kita memiliki banyak pilihan dan tinggal di kitanya, mau atau tidak memilih gaya hidup yang ramah dengan lingkungan.

Beberapa Gaya Hidup Zero Waste untuk Peduli Bumi 

Sebenarnya sudah bukan hal baru, Gerakan zero waste ini sebenarnya bertujuan untuk membuat sumber daya yang manusia gunakan dapat kembali sepenuhnya ke alam. Harapannya tentu saja agar seluruh kegiatan makhluk di bumi ini tidak akan melibatkan pembakaran hingga penimbunan sehingga bertujuan bagi kehidupan berikutnya.

Apa saja hal-hal kecil yang bisa kita mulai dari diri sendiri? Berikut ini adalah beberapa contoh hal kecil tapi bermanfaat bagi bumi yang kita cintai.

1. Menggunakan Kain untuk Kegiatan Bersih-Bersih 

Salah satu kebiasaan yang bisa kita coba adalah dengan memilih kain sebagai lap saat membersihkan suatu ruangan. Misalnya ketika ingin bersih-bersih dapur, meja makan, motor dan lainnya.

Mengingat bahwa apabila kita menggunakan tisu maka hanya akan menambah sampah saja. Tentu saja cara ini justru sangat jauh dari harapan zero waste sehingga kebiasaan seperti ini harus kita ubah dari sekarang, tujuannya tentu saja agar mendapatkan feedback positif dari bumi sendiri.

2. Memilih Swalayan Terdekat daripada Mall Besar 

Jika sebelumnya belum pernah kita lakukan, maka saat ini kita bisa memulai untuk berbelanja di swalayan terdekat maupun pasar daripada harus memilih mall besar. Kenapa? Hal ini bertujuan untuk meminimalkan penggunaan kantong plastik sebagai wadah belanjaan. Jika ini mulai kita terapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari tentu saja kebiasaan baik ini akan mengurangi sampah.

Bagi sebagian besar orang, mereka pun sudah memulai untuk menggunakan tas kain miliknya sendiri ketika sedang berbelanja. Cara ini cukup efektif bagi mereka demi mengurangi pemakaian kantong plastik dari swalayan. Lalu kenapa kita tidak mencoba untuk meniru kebiasaan baik mereka?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan