Mohon tunggu...
Wardiansyah
Wardiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Inovasi Bawang sebagai Produk UMKM Desa Tejamulya

9 Agustus 2022   14:32 Diperbarui: 9 Agustus 2022   14:39 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

MAJALENGKA- Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Tejamulya selama kurang lebih 1 bulan, dengan tema Desa Tanpa kemiskinan. Desa Tejamulya merupaka salah satu desa yang berada di kecamatan Argapura, Kabupaten Majelengka. Desa ini berada di atas dataran tinggi, dimana komoditas utamanya berupa bawang-bawangan, dan juga objek wisata Panyaweuyan. Melalui wawancara dengan Kepala Dusun 1 desa Tejamulya mengatakan bahwa di desa tersebut warganya merupakan mayoritas bekerja sebagai petani dengan persentase 90%, sedangkan 10%nya berkeja sebagai Guru, Perawat, Perangkat desa, dan lain sebagainya.

Akan tetapi hasil pertanian tersebut kurang bisa dikelola dan hanya dijual mentah saja dan memiliki harga jual yang rendah, oleh karena itu kami berkolaborasi bersama mahasiswa dari UGM untuk mengelola hasil pertanian terbuat menjadi produk UMKM yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Produk yang kami gagas bersama mahasiswa UGM berupa Nastar dengan Varians Bawang 

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Pada saat pelatihan pembuatan produk UMKM dihadiri ibu-ibu PKK yang berjumlah 10 orang, semua bahan telah kami sediakan pada saat pelatihan pembuatan nastar dengan Varians Bawang tersebut sehingga bisa langsung pembuatannya. Pembuatan produk tersebut dimulai dengan membuat adonan nastar seperti biasa, akan tetapi isiannya di tambah dengan bawang goreng yang sudah dihaluskan. Pada pelatihan ini bertujuan agar produk tersebut bisa menjadi UMKM dan sebagai oleh-oleh wisatawan yang berkunjung di wisata penyaweuyan. Kami tidak hanya mengajarkan pembuatan produk saja akan tetapi perhutanan biaya olpeoduksi dan biaya jualnya juga, beserta packaging yang menarik sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Kami berharap dengan adanya pelatihan ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat setempat dan juga bisa berlanjut, sehingga bisa menjadi salah satu identitas dari desa Tejamulya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan