Mohon tunggu...
Kris Wantoro
Kris Wantoro Mohon Tunggu... Pengamat dan komentator pendidikan

iwantoro8592.wordpress.com Tak limpah materi, tapi membeli buku. Tak pintar, maka terus membaca.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

"New Normal", Kapan Indonesia Siap?

29 Mei 2020   15:29 Diperbarui: 2 Juni 2020   10:40 95 14 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"New Normal", Kapan Indonesia Siap?
Penerapan sosial distancing di dalam MRT Jakarta, foto: ISTIMEWA

Bukan yang paling kuat akan bertahan, tapi paling adaptif.

Pandemi Corona mengharuskan kita--kapan dan di mana pun lahirnya, apa pun latar belakang dan kedudukannya--punya kemampuan menyesuaikan diri (adaptif). Kita mulai bosan melawan dari rumah, dan mempertanyakan, "Kapan berakhir?"

Lockdown, PSBB, Physical Distancing, dan larangan mudik

Virus yang mudah menular ini membuat petinggi negara menyusun strategi masing-masing untuk memenangi perang. Dari keyakinan hanya flu biasa, penguncian wilayah, PSBB, Physical Distancing, sampai larangan mudik. Apakah berhasil?

Pemerintah Indonesia teguh tidak melakukan lockdown, meski sejumlah oknum lantang berteriak. Hal PSBB di Jakarta misalnya, yang katanya sukses menekan penularan, justru jadi bumerang kala direlaksasi.

Hal ini membuat "jurus terampuh" Physical Distancing ala Jokowi lenyap kesaktiannya seminggu menjelang lebaran, saat kelompok yang nyaris terzalimi karena tak dapat THR menjejali pusat-pusat perbelanjaan, ibarat hari tanpa pandemi.

Himbauan "jangan mudik" juga hanya angin lalu. Kaum urban lebih khawatir tak bisa lebaran bareng keluarga dibanding membuahtangankan virus. Kelompok ini diisi manusia k(b)ebal karena rajin sembahyang.

Harga masker dan handsanitizer telah normal, tapi kurva korban positif tetap menanjak. Lalu, jurus apalagi?

Wacana "New Normal"

Pernyataan badan kesehatan dunia WHO, vaksin Corona tersedia paling cepat tahun 2021. Artinya 18 bulan ke depan kita harus hidup berdampingan dengan Corona. Bisakah kerja, belajar, dan ibadah di rumah selama itu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x