Mohon tunggu...
Wahyu SuryaPrasdiawan
Wahyu SuryaPrasdiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi futsal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Macam-macam Enzim Pencernaan dan Mekanisme Enzim pada Ikan

6 Desember 2022   13:30 Diperbarui: 6 Desember 2022   13:38 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Enzim pencernaan pada organ pencernaan seperti saluran pencernaan dapat berguna untuk menentukan kapasitas nutrisi dan efisiensi pemanfaatan pakan ikan. Saluran pencernaan yaitu lambung, duodenum, dan ileum mempunyai berbagai macam enzim pencernaan. Macam-Macam enzim pencernaan yakni protease, amilase, dan lipase. Aktivitas enzim pencernaan bervariasi di sepanjang usus dan organ pencernaan yaitu hati, pankreas, dan kantong empedu. Aktivitas enzim pencernaan sangat bergantung pada jenis dan komposisi pakan yang diberikan pada hewan.

Secara umum, pencernaan ikan yang utama adalah bergantung pada enzim. Enzim pencernaan biasanya memecah protein yang awalnya disintesis sebagai proenzim di pankreas dan lambung. Proenzim ini diaktifkan dengan memutus satu atau lebih ikatan peptida dengan panjang tertentu dari rantai utama. Enzim pencernaan yang aktif di lambung dan usus pada awalnya disintesis dengan cara yang tidak aktif. Sel mensintesis enzim yang memecah protein dengan proenzim untuk melindungi dirinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun