Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Berkreasi di Akhir Pekan dengan Memasak Bakso Ayam Kuah Soto

20 Februari 2021   15:28 Diperbarui: 6 Maret 2021   11:00 1352 54 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkreasi di Akhir Pekan dengan Memasak Bakso Ayam Kuah Soto
Bakso ayam kuah soto yang segar dan nikmat. | Foto: Wahyu Sapta.

Ada banyak resep di kepala saya, menari-nari yang bikin kepo dan ingin dicoba. Tentu saja nanti hasilnya akan saya sajikan untuk keluarga tercinta di rumah. 

Mumpung akhir pekan, mereka libur dan bisa menikmati masakan bundanya di rumah. Karena di samping lebih hemat karena memasak sendiri, juga terjaga kebersihannya. Apalagi masih masa pandemi yang belum berlalu, kami sebisa mungkin mengurangi bepergian dan jajan di luar.

Apa sih sajian yang bisa membuat mereka senang? Atau alih-alih bisa menjadi resep favorit keluarga?

Memang selera penghuni rumah nggak sama. Ayah, beda selera dengan anak-anak. Jika ayah menyukai resep masakan tradisional, maka anak-anak lebih cenderung masakan kekinian. Memadukan masakan yang bisa menyesuaikan selera mereka kadang membuat saya berpikir keras.

Daya kreasi sebagai ibu mesti di putar, nih. Membongkar ingatan, mengeluarkannya, supaya nemu resep masakan yang cocok. Hem, enaknya masak apa ya? Kemudian terbersit di kepala saya, bagaimana jika memadukan bakso dengan soto? Pasti mereka suka deh. 

Lalu, bagaimana jika bahan bakso yang digunakan memakai daging ayam? Karena menyesuaikan bahan masakan soto ayam. Aha! Baiklah. Saya ingin memasak bakso ayam kuah soto saja.

Masakan soto merupakan resep tradisional Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki resepnya sesuai dengan khas masing-masing. 

Saya ingin memasak soto dengan resep yang saya kenal. Soto kuah kuning yang bening. Saya hafal di luar kepala, karena begitu seringnya memasak resep ini.

Sedangkan bakso adalah makanan kesukaan anak-anak. Mereka akan bersemangat jika bertemu dengan bakso. Hahaha... padahal bundanya juga suka. 

Memang saya sering memasak bakso ayam. Tetapi saya masak dengan resep soup. Sudah biasa bagi mereka. Sedangkan dengan resep soto baru kali ini.

Apalagi cuaca mendukung. Udara yang dingin karena musim hujan, inginnya sajian yang hangat dan segar. Berkuah, pedas, dan segar. Soto bisa menjadi alternatifnya. Tentu saja dengan sedikit sentuhan kreativitas agar lebih variatif. Jadilah resep bakso ayam kuah soto.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN