Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Tahu Telur, Alternatif Menu Sehat Setelah Lebaran

29 Mei 2020   16:08 Diperbarui: 29 Mei 2020   15:57 309 31 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahu Telur, Alternatif Menu Sehat Setelah Lebaran
Tahu Telur, alternatif menu sehat setelah lebaran. | Foto: Wahyu Sapta.

Masih dalam nuansa lebaran. Sajian di meja, masih ada kue-kue kering. Kemudian di meja makan, beberapa sajian masih tersisa makanan lebaran kemarin, meski dalam bentuk masakan yang berbeda. Seperti rendang yang dimodifikasi menjadi nasi goreng, opor ayam menjadi soto, sambel goreng menjadi oseng sawi.

Bosan? Karena menu itu-itu melulu? Apalagi di masa pandemi ini, ketika masak makanan lebaran tidak ada yang membantu menghabiskannya. Tidak ada tamu yang bertandang. Terpaksa dinikmati sendiri. Seperti lagu, itu tuh, masak-masak sendiri, makan-makan sendiri. #singasong.

Nah, ada nih salah satu menu sehat, yang bisa menjadi alternatif ketika bosan makan sajian lebaran. Ringan karena tidak memakai bahan daging-dagingan. Melainkan dari bahan kedelai. 

Ya. Menu Tahu Telur, boleh dicoba nih.

Setelah beberapa hari digelontor sajian daging dan bersantan, kue-kue kering yang kaya lemak, maka tahu telur cocok disajikan di atas meja.

Bahannya gampang didapat, juga mudah cara membuatnya. Segar, karena ada kecambah matang yang bisa menambah selera. Bergizi dan bisa jadi menu diet karena berserat. Murmer juga, nggak menjebolkan kantong. Apalagi di tanggal tua nih, butuh hemat.

Tahu, mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini, bergizi tinggi sehingga punya banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan gizi dalam 100 gram tahu, energi 80 kal, protein 10,9 gram, lemak 4,7 gram, karbohidrat 0,8 gram, serat 0,1 gram, kalsium 223 mg, natrium 2 mg, fosfor 183 mg.

Tahu juga mengandung lebih banyak mineral yang berasal dari senyawa koagulan yang memadatkan sari kedelai. Tahu juga termasuk makanan yang rendah lemak dan rendah kalori. Maka, tidak heran jika makan tahu tidak membuat berat badan mudah naik. 

Nah kan, tahu ini bisa jadi makanan sehat alternatif, setelah selama lebaran digelontor makanan enak berdaging dan bersantan.

Disamping itu, kecambah sebagai bahan pendukung, mengandung vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Kecambah juga menjadi sumber makanan yang kaya zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, dan asam lemak omega 3. Kecambah juga bisa memperlancar ke belakang, loh. 

Kecambah sangat kaya akan serat dan rendah kalori. Itulah mengapa kecambah baik untuk menu diet harian Anda. Serat bisa melawan sembelit dan memperbaiki pencernaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN