Mohon tunggu...
Silvi Novitasari
Silvi Novitasari Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Penyuka kamu, buku, senja, dan keindahan. Sempat jadi orang yang ansos, tapi akhirnya jadi orang sosial lewat tulisan. Bahkan menjadi sarjana sosial :D

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Benarkah Kebiasaan ini Bisa Menghambat Kesuksesan di Dunia Kerja?

30 Agustus 2020   07:48 Diperbarui: 30 Agustus 2020   08:45 62 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Kebiasaan ini Bisa Menghambat Kesuksesan di Dunia Kerja?
(ilustrasi: malas yang bisa menghambat pekerjaan/ sumber: pixabay.com)

Memasuki dunia kerja adalah hal umum yang pastinya akan dialami oleh hampir semua orang. Setelah melewati fase pendidikan dari mulai sekolah hingga kuliah, maka dunia kerja adalah dunia baru yang akan ditemui nantinya. Bahkan, orang-orang rela kesana-kemari untuk mencari pekerjaan yang layak dan sesuai dengan kemampuannya.

Bekerja, Keharusan atau Kebutuhan?

Sering terbesit dalam benak ketika banyak orang yang mati-matian mencari kerja. Lantas, apakah bekerja merupakan hal yang sangat krusial sehingga dibela dan dicari keberadaannya? Sebagai manusia, tentu bekerja adalah jalan untuk membantu memenuhi semua kebutuhan.

Tidak bisa dipungkiri, setiap kebutuhan bisa didapat dari hasil pekerjaan yang ditekuni. Sayangnya, tidak semua orang sukses di dunia kerja karena beberapa hal atau kebiasaan buruk yang menghambat kesuksesannya. Apa sajakah kebiasaan buruk tersebut?

Ketika sudah memasuki dunia kerja, otomatis beberapa kebiasaan harus mengikuti ekosistem di dunia kerja tersebut. Salah satunya perihal waktu dan kebiasaan yang mengharuskan kita untuk tepat waktu. Bagaimana tidak, kedisiplinan memegang peranan penting untuk melatih diri agar bisa menepati janji.

Kebiasaan buruk yang seringkali memengaruhi sukses atau tidaknya seseorang saat bekerja adalah kurang kepekaan dan kesadaran akan waktu. Masih banyak ditemukan para pegawai yang datang terlambat ke kantor, tugas dan kerjaan telat dikerjakan, bahkan saat meeting sekalipun harus datang terlambat.

Disiplin adalah komitmen dan kunci bahwa Anda benar-benar serius dalam bekerja. Saat tidak tepat waktu, secara tidak langsung Anda sudah ingkar terhadap komitmen pekerjaan. Tentunya jika hal tersebut dibiarkan, bahkan dibiasakan, malah akan berdampak buruk pada kesuksesan kerja Anda nantinya.

  • Memilih-milih Teman dan Pergaulan

Selektif dalam memilih teman atau pergaulan memang perlu. Hal ini demi menyaring pergaulan mana yang tepat dan bisa berdampak positif pada diri. Namun, hal tersebut tidak berlaku ketika Anda sudah memasuki dunia kerja.

Dalam dunia kerja, antara satu pegawai dengan pegawai lainnya adalah sebuah tim. Setiap tim tentunya harus bisa saling koordinasi dan bekerjasama tanpa harus memerhatikan teman dekat atau bukan. Kebiasaan memiih teman saat dunia kerja sangat tidak disarankan karena membuat Anda kurang bereksplorasi.

Justru saat Anda mencari banyak teman di dunia kerja, bahkan berbaur dengan siapa saja, bisa memudahkan kelancaran karir nantinya. Selain untuk media diskusi bersama, bisa juga untuk menambah relasi, bukan? Asalkan Anda bisa menyaring dan tidak mengikuti hal negatif yang dilakukan oleh teman tersebut.

  • Kurang Koordinasi dan Komunikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN