Visca
Visca Penulis

Traveller. Baker. Crafter.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Jalan-jalan "Plus"

5 April 2019   08:36 Diperbarui: 5 April 2019   08:47 72 3 1
Jalan-jalan "Plus"
Sumber: dokpri

Selalu mengasyikan memang, bila kita berkesempatan mengunjungi tempat baru. Biasanya, tempat-tempat yang menarik orang untuk berkunjung adalah tempat yang indah-indah. 

Wajar, melihat yang indah-indah tentunya membuat senang. Ditambah lagi bisa "pamer" di sosial media. Atau juga tempat-tempat yang punya menu andalan. Tak heran banyak wisata dengan tema kuliner. Mencicipi makanan khas suatu tempat memang pengalaman seru, apalagi bila bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Namun, juga ada hal-hal lain yang tak kalah menarik yang bisa kita lakukan waktu jalan-jalan.  Contohnya bila kita jalan ke Thailand. 

Walaupun biasanya Thailand terkenal sebagai surganya belanja (masih teringat serunya belanja di Catuchak weekend market) dan makanan (puasnya bisa makan durian tanpa batas di Baiyoke Hotel), banyak hal seru lainnya yang bisa kita lakukan di Thailand. Mari kita kulik aktivitas apa saja yang bisa kita lakukan di Thailand selain belanja dan makan.

Mempelajari Keterampilan khas setempat

Thai Massage

Bagi penggemar pijat, tentu sudah tahu tentang Thai Massage. Teknik pijatan ala Thai ini memang enak. Pas untuk mengatasi pegal-pegal. 

Nah, bila tertarik belajar Thai Massage, ada beberapa tempat yang menawarkan kursus singkat. Sabai De Ka Thai Massage School yang berlokasi di Chiang Mai menawarkan berbagai program, mulai dari yang hanya memerlukan waktu 3 jam (belajar pijat kepala dan pundak) sampai yang memerlukan waktu 5 hari (belajar keseluruhan teknik pijat). 

Menariknya, ada program belajar pijat untuk diri sendiri. Lumayan, bila lelah tak perlu lagi pergi ke tempat pijat. Harganya pun cukup terjangkau. Untuk kursus 3 jam, dipatok harga 1200 baht (sekitar Rp 550.000).

Sumber: SBS
Sumber: SBS
Thai Cooking Class

Seperti kita ketahui, makanan Thai makin mendunia. Rasanya kita tak asing lagi dengan Phad Thai (seperti kwetiaw goreng yang disajikan dengan taoge segar, daun bawang dan irisan nangka), Somtum (salad pepaya yang rasanya komplit, asam, manis, pedas), Phad Kra Pao (nasi yang diberi tumisan daging giling dan daun basil), dan tentunya tak ketinggalan Tom Yam Goong (soup udang, yang rasanya asam, manis dan pedas). 

Makanan Thai memang enak. Bila ingin bisa memasak sendiri, banyak tempat yang menawarkan kursus masak makanan Thai. Uniknya, ada beberapa tempat kursus yang memadukan dengan pengalaman belanja bahan-bahan di pasar tradisional, seperti yang dilakukan oleh Cooking with Poo and Friends di Bangkok. 

Untuk jenis masakannya, kita bisa memilih dari berbagai menu yang ditawarkan. Hasilnya bisa kita bawa pulang. Harga kursus masak biasanya berkisar 1500 baht (sekitar Rp 650.000) sudah termasuk dengan tur ke pasar dan bahan-bahan makanan.

Gold Leaf Painting

Terlepas dari suka seni atau tidak, belajar membuat lukisan dari kertas emas sangat menarik. Kita diajarkan teknik yang digunakan pada jaman dulu. Tak perlu bakat seni untuk bisa ikut kursus ini. Kita diajarkan tahap demi tahap, mulai dari perkenalan bahan, menggambar desain yang kita inginkan, hingga menempelkan kertas emas. 

Jadi bila yang ingin punya karya seni hasil buatan sendiri, kursus in bisa menjadi pilihan. Salah satu tempat untuk belajar di Bangkok, bisa dicoba ke tempat seniman Terasin. Ia menawarkan kursus yang berlangsung sekitar 5 jam ini dengan harga EUR 70 ( sekitar Rp 1.100.000).

Belajar jadi pawang Gajah

Bagi yang suka dengan gajah dan ingin tahu lebih banyak tentang gajah, bisa belajar tentang gajah di Elephants World yang berlokasi tak jauh dari Kanchanaburi. Di sini diajarkan cara mengurus gajah, mulai dari memberi makan, memandikan di sungai dan membersihkan tempat tinggalnya. Programnya 1 hari dengan biaya 2.500 baht (sekitar Rp 1.000.000). Bila ingin belajar lebih dalam lagi, mereka menyediakan program belajar menjadi pawang gajah. Untuk program ini, ada yang dari 1 sampai 4 minggu. 

Mempelajari budaya setempat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2