Mohon tunggu...
Vinolia ngg
Vinolia ngg Mohon Tunggu... Vinoliaaaa

--

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pelestarian Lingkungan dan Kebijakan Kebencanaan

6 Juni 2020   13:16 Diperbarui: 6 Juni 2020   13:46 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelestarian Lingkungan dan Kebijakan Kebencanaan
whatsapp-image-2020-06-05-at-10-54-59-pm-5edb33ef097f3667d55f5ae2.jpeg

 

Guysss, apakah kalian tau apa itu pelestarian lingkungan? nah,  Pelestarian Lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Penataan sumber daya alam yang menjamin pemakaiaannya secara berkesinambungan simpanannya yaitu dengan tetap meningkatkan kualitas nilai  keanekaragamannya dan tetap memeliharanya. Lalu mengapa kita harus tau arti dari pelestarian lingkungan tersebut?

Nahh, Seperti yang kita ketahui di Indonesia sendiri bencana alam sering terjadi seperti contoh : banjir, letusan gunung, gempa bumi dan tanah longsor dan bencana alam lainya. Dimana bencana tersebut terjadi karena konsekuensi dari  suatu kombinasi aktivitas manusia dan aktivitas alam. Contoh : seperti kita saat makan jajanan atau habis belanja seseuatu di supermarket kita nongkrong bareng teman-teman makan dan minum kemasasan kalau sudah habis kita buang sembarang buang sana buang sini sampah tersebut berada disana dan orang lain melihatnya dan mereka membuangnya juga dimana terdapat banyak sampah disana. Kalau di lakukan terus menerus sampai puluhan atau ratusan bahkan ribuang orang seperti itu pada saat hujan sampah mengalir ke selokan menutup jalanya air dan air akan meluap keatas maka akan menyebakan terjadinya banjir di daerah tersebut.

 oleh sebab itu kenapa pendidikan pelestarian lingkungan hidup penting bagi kita semua, karena dapat menyadarkan manusia tentang masalah lingkungan hidup yang ada di sekeliling lingkungan kita. Pada dasarnya pelestarian lingkungan bertujuan untuk meningkatkan sikap individu dalam melestarikan lingkungan, sehingga sangat berguna untuk meningkatkan tindakan positif terhadap masyarakat.

Pelestarian lingkungan yang dimaksud adalah tindakan kebijakan penaggulangan untuk pelestarian lingkungan yang sangat mempengaruhi kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Jadi apa sih arti dari kebijakan penanggulangan kebencanaan? Kebijakan kebencanaan adalah suatu tindakan untuk menceggah atau menanggulangi terjadinya suatu kebencanaan alam. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan selokan atau sampah yang ada di sekitar. Selain itu bisa saja mengadakan gotong royong atau kerja bakti di suatu daerah masing-masing.

kita juga dapat melakukan kegiatan lain untuk menjaga kelestarian lingkungan kita dimanapun itu dari hal yang paling mudah. Dengan cara mengurangi pemakaian kantong plastik seperti yang di ketahui kantong plastik merupakan suatu limbah yang sangat sulit untuk terurai. Jadi lebih baik kita menggunakan wadah yang kita bawa sendiri. Gunakan botol minuman dari kaca yang dapat digunakan berkali-kali untuk menghindari pembelian air mineral botol atau gelas yang akan menimbulkan sampah plastik.


Jadi gimana sudah tau apa itu pelestarian lingkungan dan kebijakan kebencanaan? dan pentingnya melaksanakan kegiatan tersebut dalam lingkungan hidup kita?

Kalau sudah tau yuk mari lakukan kegiatan pelestarian lingkungan dan kebijakan kebencanaan sejak dini untuk menjaga masa depan lingkungan kita agar anak, cucumu kelak dapat merasakannya.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN