Mohon tunggu...
Vincentius Bandung Sapardi
Vincentius Bandung Sapardi Mohon Tunggu... Administrasi - ASN Kementerian Keuangan

ASN pada Kementerian Keuangan

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Transportasi Kota Jakarta dari Masa ke Masa

18 Desember 2020   09:00 Diperbarui: 18 Desember 2020   09:22 543
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Setiap hari, manusia pada umumnya melakukan pergerakan dari tempat satu ketempat lainnya. Pergerakan dari suatu tempat ketempat yang lain biasa disebut dengan mobilitas. Mobilitas pada dasarnya dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bila dijabarkan secara sederhana, ‘butuh’ memiliki arti yaitu penting, perlu, dan juga ketergantungan. Bila disederhanakan kembali, kebutuhan adalah setiap hal yang timbul secara naluriah, yang sangat diperlukan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup dan menjalankan berbagai macam aktivitas.

Setiap aktivitas manusia kebanyakan memerlukan mobilitas yang dapat menunjang kebutuhan itu sendiri, agar apa yang dilakukan dapat sesuai dengan yang diharapkan. Mobilitas masyarakat yang sangat dibutuhkan inilah yang menjadi inspirasi atas  inovasi para penemu untuk menciptakan moda transportasi sebagai sarana transformasi dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Transformasi disini bermakna perubahan perilaku maupun sifat manusia dalam melakukan mobilisasi.

 Perkembangan moda transportasi Indonesia khususnya di Jakarta di era modern telah melalui banyak sekali perubahaan atasnya.  Contohnya saja pada zaman kolonial, delman adalah salah satu alat transportasi umum secara tradisional yang digunakan oleh masyarakat Batavia (sekarang disebut Jakarta).  

Moda angkutan ini belum menggunakan tenaga manusia, melainkan masih menggunakan tenaga hewan yang dapat berupa  kuda ataupun sapi/kerbau.  Bentuk angkutan delman adalah dengan formasi seekor kuda, sapi atau kerbau di depan diikuti dengan gerobak yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan dua roda yang besar, dan pengemudi delman adalah  ’Pak Kusir’, sebutan untuk pengemudi delman.

 Di Jakarta sendiri, saat ini sudah cukup sulit menemukan delman sebagai sarana transportasi, namun di daerah Wisata Kota Tua kita dapat menemukan transportasi delman sebagai sarana  berkeliling wisata Kota Tua, walaupun harus merogoh saku yang lumayan besar sebagai ongkosnya.

Masih  di  zaman kolonial, Bangsa Belanda yang datang ke Indonesia mulai memperkenalkan tren transportasi umum yang lebih maju daripada delman yang mirip kereta listrik dan melintas di jalan umum dan disebut dengan ‘trem”.  Trem digunakan sebagai alat angkut masal di zamannya dan dapat menempuh jarak yang cukup jauh sesuai dengan jalur rel yang telah dibangun.  

Peninggalan Belanda ini merupakan sejarah transportasi bagi bangsa Indonesia dan juga harapan untuk memiliki transportasi  yang  mendukung mobilitas masyarakat  Indonesia. Keberadaan trem saat ini sudah hilang, bahkan rel-rel peninggalan jalur trem berkenaan telah hilang tergerus berjalannya zaman. 

Selanjutnya yaitu becak.  Antara tahun 1930-1989, becak menjadi salah satu transportasi favorit oleh masyarakat dan diminati untuk kegiatan aktivitas masyarakat. Transportasi becak banyak digunakan masyarakat dahulu untuk jarak dekat.  Awal mula design becak yaitu becak dengan roda dua dan pengemudi mendorong becak hingga ketujuan akhir penumpang.

Inovasi yang dilakukan masyarakat dalam mengemudi becak adalah dengan membuat becak menjadi roda tiga dan pengemudi becak mengemudikannya di belakang penumpang seperti membawa sepeda.  Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.

Taxi, merupakan moda transportasi dimulai dari era 1970-an yang menjadi layanan angkutan umum masyarkat di Indonesia. Taxi telah menggebrak suatu invoasi baru dalam berkendaraan, yaitu dengan menggunakan teknologi mesin untuk menggerakan ‘badan’ kendaraan tersebut. Di era 70-an juga kendaraan bermotor (seperti mobil dan motor) mulai masuk di kalangan masyarakat. Namun, orang-orang yang memiliki kendaraan bermotor adalah mereka yang tingkat ekonominya menengah ke atas sehingga masih sangat jarang masyarakat memiliki kendaraan pribadi sendiri.

Transportasi umum di Jakarta saat ini terdiri dari berbagai jenis bus, mulai dari bemo yang sangat kecil, mikrolet yang sedikit lebih besar, hingga mikrobus seperti MetroMini dan Kopaja.. Selain bus kota ukuran penuh serta sistem angkutan cepat bus Transjakarta Terdapat juga taksi dengan roda dua (ojek) dan empat serta sistem Kereta Commuter Jabodetabek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun