Mohon tunggu...
Vincent Aditya
Vincent Aditya Mohon Tunggu... Desainer - Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management

Creative Manager and Graphic Designer | M.M. in Marketing Management | Writes about creative art and design, marketing and branding.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Membuat Foto Jadi Lebih Menarik dengan Komposisi Visual

13 Juli 2021   00:28 Diperbarui: 16 Juli 2021   16:19 654 11 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Foto Jadi Lebih Menarik dengan Komposisi Visual
Photo by Céline Druguet on Unsplash

Pada era digital saat ini, medium fotografi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat yang tidak bisa dipisahkan. 

Fotografi di era digital telah menjadi sarana untuk membagikan informasi dan menjadi gaya hidup terutama karena adanya platform media sosial dan teknologi smartphone yang terus berkembang. 

Mampu membuat foto yang menarik dan menyampaikan pesannya dengan baik, pasti menjadi dambaan setiap orang. 

Terutama bagi mereka yang memang bekerja pada bidang-bidang yang menggunakan medium fotografi dalam proses berkaryanya, sebagai contoh fotografer, jurnalis, desainer, seniman, content creator, dan sebagainya.

Untuk membuat foto yang menarik, ada berbagai macam teknik yang dapat digunakan, salah satunya melalui penggunaan komposisi visual. Komposisi adalah proses mengidentifikasi dan mengatur elemen atau objek dalam foto untuk menghasilkan gambar yang estetis dan mudah dipahami oleh audiens foto kita. 

Ilmu komposisi visual pada fotografi berhubungan erat dengan ilmu seni rupa dan elemen-elemen desain, khususnya pada seni lukis. Hal ini dikarenakan fotografi dan seni lukis sama-sama bertujuan untuk merekam sebuah objek untuk menghasilkan gambar atau visual. 

Berikut macam-macam komposisi visual yang dapat Anda gunakan agar foto Anda menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens.  

1. Komposisi Rule of Thirds (Aturan Sepertiga)

Photo by Philippe Bourhis on Unsplash
Photo by Philippe Bourhis on Unsplash
Komposisi Rule of Thirds merupakan salah satu komposisi dasar dalam fotografi yang paling banyak digunakan oleh para fotografer. 

Kita hanya perlu membagi bidang foto menjadi 9 kotak dan meletakkan objek foto utama (point of interest) kita pada salah satu titik atau garis pada bidang 3x3 tersebut. 

Peran garis vertikal dan horizontal tersebut adalah membantu mengarahkan objek foto kita saat mengambil gambar dengan kamera. Peletakan objek tidak harus tepat pada garis vertikal dan horizontal di sisi atas, tapi dapat juga diletakkan di bagian bawah garis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN