Mohon tunggu...
agus hendrawan
agus hendrawan Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Kependidikan

Pendidikan, menulis, berita, video, film, photografi, sinematografi, alam, perjalanan.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Perpaduan Antara Puisi dan Visual

11 Mei 2024   23:51 Diperbarui: 12 Mei 2024   14:03 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar dokpri

Saya pernah membaca sebuah kutipan yang berbunyi: "Foto adalah sebuah cerita yang gagal kuungkapkan dengan kata-kata". Awalnya saya begitu terhanyut dengan kutipan itu berkaitan dengan hobi baru saya sebagai photografer amatiran.

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Seiring waktu berjalan dengan bergabung dengan komunitas penulis dan banyak membaca puisi-puisi karya Kompasianer, ternyata kutipan di atas bisa berlaku sebaliknya bahwa: "Untaian kata dari sebuah cerita dan atau puisi yang indah adalah hal yang sulit digambarkan dengan visual".

Kedua hal di ataslah yang menginspirasi saya untuk memadukan keduanya, tepatnya memadukan antara keindahan untaian kata dengan keindahan visual baik berupa foto maupun video. Atau mungkin istilahnya adalah Video Puisi.


Tapi sejauh ini saya belum menemukan titik temu yang benar-benar mempertemukan keduanya, mungkin itulah tantangannya. Diperlukan mentor dari kedua profesi ini atau mungkin seorang yang menguasai keduanya.

Untuk itu saya menunggu artikel dan atau video yang benar-benar mewakili sebagai Video Puisi yang tembus headline, infinite, bahkan KG Media. Karena sejauh ini saya hanya menemukan video yang bersifat informasi atau hal lain yang tembus konten Video Headline atau di atasnya.

Pertanyaannya bisakah kita mewujudkannya?

Baca juga: Puisi Tentang Ibu

Untuk itu meskipun saya belum berhasil melakukannya banyak seniman-seniman yang telah memadukan keindahan kata-kata dengan keindahan visual dalam berbagai bentuk seni. Berikut beberapa contoh yang mungkin menginspirasi:

1. Puisi Ilustratif: Ada banyak puisi yang diperkuat dengan ilustrasi atau foto-foto yang mendukung makna atau nuansa dari puisi tersebut. Misalnya, buku-buku puisi dengan ilustrasi seperti "The Lost Words" oleh Robert Macfarlane dan Jackie Morris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun