Mohon tunggu...
Vina Eska
Vina Eska Mohon Tunggu...

Tukang review make up yang lagi diet dan suka belajar hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Potensi Produk Lokal untuk Pasar Dunia

1 Oktober 2018   18:21 Diperbarui: 2 Oktober 2018   12:34 666 1 0 Mohon Tunggu...

Saat ini, semua tidak memiliki batasan. Komunikasi dari Denpasar ke New York sudah biasa dan stabil. Pergi ke negara satu ke negara lain hal yang sangat mudah saat ini. Apalagi untuk membeli sebuah barang. Yang kita perlukan hanya browsing pada sebuah website, bayar, dan menunggu barang datang.

Bali memiliki keistimewaan tersendiri untuk setiap orang. Selain wisatanya, banyak sekali potensi dan keunggulan yang dimiliki Bali sebagai penggerak perekonomian nasional, salah satunya adalah produk Usaha Mikro Kecil Menengahnya (UMKM).

Produk yang diproduksi sangat beragam, dari makanan, perhiasan,  produk kecantikan, dan pakian. Produk yang diproduksi sangat diminati oleh pasar, entah pasar nasional maupun internasional.

Seperti perkataan saya di atas, saat ini melakukan pembelian produk sangatlah gampang. Browsing, bayar, barang dikirim. Dalam rantai ekonomi ini, tidak lepas peran jasa pengiriman dalam mengirimkan produk dari penjual ke tangan pembeli dengan selamat. JNE sebagai perusahaan jasa kurir ekspres dan logistik yang telah menjalankan bisnisnya selama hampir 28 tahun ini dapat mencapai seluruh pelosok Indonesia dan bahkan merambah ke lebih 70 negara. 

JNE selalu berupaya dengan memberikan layanan terbaik dengan harga yang terbilang relatif murah kepada konsumennya. Selain itu memberikan dukungan dengan memberikan peluang kerjasama kemitraan kepada masyarakat daerah sehingga mempermudah pengiriman maupun penerimaan barang, memberikan reward kepada pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi dengan JNE Loyalty Card, dan berupaya menjamin keselamatan pengiriman.

Adanya JNE mempermudah UMKM memasarkan produknya di pasar nasional maupun internasional. Namun kembali lagi kepada pelakunya sendiri.  Saat ini, kita bisa dibilang memiliki ruang tanpa batasan. Untuk tetap bisa bertahan pada pasar, sebagai pelaku kita harus menjaga produksi kita dari mulai penerimaan order, kualitas produk, hingga pengemasan dan siap dikirim.

A.A.A Mas Utari Noviyanthi sebagai pemilik Beehandyerafts Bali mengatakan selain hal tersebut, hal yang penting yang harus dilakukan adalah mencari pasar untuk produk kita dan mencari kesukaan pasar. Apabila tiga hal tersebut digabung, kita akan bisa bertahan di pasar dengan memiliki konsumen yang puas dengan kinerja kita.

Selain membaca pasar, kita juga harus memperlihatkan passion kita pada produk yang kita buat.  Ni Luh Ary Pertami Djelantik sebagai pemilik label Niluh Djelantik mengatakan selalu bekerja dengan cinta merupakan semangat yang harus diterapkan. Karena dengan menerapkan cinta kepada produk yang kita buat, hasil karya akan terlihat lebih indah dan menawan.

Apabila semua hal dikombinasikan, kemungkinan produk UMKM menembus pasar internasional sangat besar. Dengan kualitas, keunikan tersendiri, dan ketepatan pengiriman akan dapat memuaskan konsumen kita pada akhirnya. Rantai ekonomi ini akan selalu berjalan dengan baik dan membuat ekonomi Indonesia lebih baik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x