Mohon tunggu...
vika nurhalimah
vika nurhalimah Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik di TK Pertiwi Andong

Saya adalah seorang Guru di salah satu Taman Pendidikan Anak Usia Dini yang masih sederhana, namun tidak ada menjadi hambatan bagi saya untuk belajar berkarya

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Puisi untuk Anak Usia Dini

28 November 2020   05:10 Diperbarui: 28 November 2020   05:15 6347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Kumpulan Puisi Untuk Anak Usia Dini

Oleh : Vika Nurhalimah, S.Pd

Saya seorang sarjana pendidikan PG-PAUD, saya mengampu di salah satu lembaga suwasta di kabupaten Boyolali, lembaga kami sudah menggunaan kurikulum 2013, dimana anak kegiatan pembelajaran lebih berpusat pada anak, artinya anak lebih aktif.  Pada kurikulum 2013 di PAUD ada pengembangan aspek seni, seni pada anak usia dini  tentu seni  yang sesuai dengan perkembangannya. Seni sastra dengan berbagai ragamnya baik puisi, sajak, pantun atau drama merupakan sarana yang baik untuk membantu perkembangan bahasa anak, kreatfitas anak dalam berekspresi, kinestetik dan aspek lainnya bagi anak usia dini. Oleh karena itu pemanfaatannya harus dilakukan dengan cara yang tepat dan menyenangkan agar tujuan pendidikan yang sesungguhnya dapat tercapai.

Ada suatu ketika, saat pembelajaran menggunakan majalah bidang pengembangan bahasa, ada sajak yang perlu diajarkan ke anak, sajak ini sederhana dan mudah untuk diucapkan anak, namun sedikit sekali kami temui tentang puisi anak, padahal dari kita mengajarkan puisi, anak juga dapat megembangkan kemampuan bahasa, memupuk rasa percaya diri, mengekspresikan gerakan dan berimajinasi, hal ini tentu mendukung untuk perkembangan anak dan bermanfaat ketika mereka menghadapi  pendidikan dijenjang selanjutnya. Saya berinisiatif untuk membuat kumpulan puisi untuk anak usia dini yang mudah diucapkan dan dimengerti oleh anak-anak. puisi ini dibuat sesuai tema dan mungkin masih jauh dari kata sempurna, namun inshaAllah bisa digunakan. 

  1. TEMA DIRIKU
  1.  Aku
  2. Aku Anak Mandiri
  3. Ibu
  4. Ayah
  5. Adikku
  6. Nenek dan kakek
  1. TEMA LINGKUNGANKU
  1. Rumahku
  2. Sekolahku
  1. TEMA KEBUTUHANKU
  1. Susu
  2. Sikat Gigi
  3. Baju Baru
  1. TEMA BINATANG
  1. Kupu-Kupu
  2. Kucingku
  3. Ayamku
  4. Burung yang malang
  5. Kelinciku
  1. TEMA TANAMAN
  1. Bunga Mawar
  2. Wortel
  3. Bayam
  4. Tomat
  1. TEMA REKREASI
  1. Ditepi pantai
  2. Bus Pariwisata
  1. TEMA PEKERJAAN
  1. Guru
  2. Polisi
  3. Nelayan
  4. Petani
  5. Dokter
  1. TEMA AIR UDARA API
  1. Air 
  2. Api
  3. Udara
  1. TEMA ALAT KOMUNIKASI
  1. Telepon
  2. Surat
  1. TEMA TANAH AIRKU
  1. Negaraku
  2. Aku Anak Indonesia
  3. Bendera Merah Putih
  1. TEMA ALAM SEMESTA
  1. Matahari
  2. Bintang
  3. Bulan Purnama
  4. Pemandangan Alam
  5. Pelangi

Tema: Diriku

"Aku"

Aku adalah ciptaan Tuhan

Aku punya mata dan tangan

Selalu ku jaga

Tak pernah ku abaikan

Karena aku sayang diriku

Aku bersyukur pada Tuhan

Mata, mulut kaki dan tangan

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun