Mohon tunggu...
Viecri Bendarwis Adikara
Viecri Bendarwis Adikara Mohon Tunggu... manusia yang berusaha memanusiakan manusia🔅

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga NIM: 20107030058

Selanjutnya

Tutup

Politik

Waw! Ini Dia Harta Kekayaan Putra Jokowi

3 Maret 2021   19:44 Diperbarui: 3 Maret 2021   21:42 107 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waw! Ini Dia Harta Kekayaan Putra Jokowi
jateng.com

Siapa sih dari kita yang tidak kenal dengan putra Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka, pasti orang solo sudah tau dan kenal dengan sosok yang saat ini memimpin kota Solo itu, untuk yang belum mengenal beliau yuk mari saya ajak berkenalan melalui biografi beliau. 

Gibran Rakabuming Raka lahir di Kota Surakarta, 1 Oktober 1987, beliau sekarang berumur 33 tahun, Pada 11 Juni 2015, Gibran menikahi mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Beliau adalah seorang pengusaha. Terlahir sebagai putra sulung pengusaha mebel Joko Widodo yang kemudian menjadi salah satu orang nomor satu di Indonesia siapa lagi kalau bukan sebagai presiden. Gibran merintis bisnisnya dengan membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. Ia juga merupakan pendiri perusahaan kuliner martabak yang disebut Markobar.

Pada awalnya Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan dirinya ingin berfokus membangun karier sebagai seorang pebisnis. Ia pun tidak menunjukkan ketertarikan untuk berkarir di bidang lain. Namun, sejak September 2019 Gibran nampaknya mulai mengambil langkah baru dengan mendaftarkan diri sebagai anggota partai PDIP. Langkah itu tentu menjadi pertanda bahwa putra sulung Presiden Ri ke-7 ini akan mulai membangun kariernya sebagai seorang politikus. 

Pada tahun setelahnya yakni tahun 2020 Gibran resmi mendaftar dan maju dalam pemilihan calon kepala daerah atau pilkada di kota kelahiranya sendiri, Solo. Jika ia terpilih ia menyatakan bahwa akan tetap turun ke warga untuk melakukan kegiatan kemanusiaan seperti biasa, seperti pembagian masker dan vitamin untuk membantu pemkot meringankan beban warga terdampak pandemi.

Sebelum ia maju dalam pilkada, Anak sulung Presiden Joko Widodo atau yang kerap disapa Jokowi itu melaporkan harta kekayaannya sebagai salah satu syarat maju dalam Pilkada Kota Surakarta atau Solo Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN) yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Gibran melaporkan memiliki harta kekayaan sebesar Rp 21,15 miliar atau tepatnya Rp 21.152.810.130.

Kekayaan gibran tersebut berasal dari beberapa aset, aset terbesarnya berada di aset properti, Gibran Rakabuming mengklaim memiliki 5 tanah dan bangunan yang merupakan hasil keringatnya sendiri bukan hasil warisan dari keluargannya ataupun hibah. Tanah dan bangunan miliknya tersebar di Kabupaten Sragen dan Kota Surakarta, tanah yang berada di Sragen dan Solo jika dijumlah nilainya berangka Rp 13,4 Miliar, ini tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Selain aset properti yang dimiliki  oleh Gibran Rakabuming ini tidak lepas dari aset kendaraan bermotor yang beliau klaim semua itu adalah hasil keringatnya dan usahanya sendiri sampai bisa memiliki aset yang bisa dibilang waw banget! Seperti dilansir dari laman Kompas.com yang bersumber dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) aset yang dimilikanya berupa Kendaraan roda empat berupa unit Mitsubishi Pajero Sport tahun 2016 senilai Rp 350 juta, Isuzu Panther tahun 2012 senilai 70 juta, Daihatsu Grandmax tahun 2015 senilai Rp 60 juta, Toyota Avanza masing-masing tahun 2012 dan 2016 senilai Rp 60 juta dan Rp 90 juta. 

Selain kendaraan roda empat Gibran juga gemar mengoleksi kendaraan roda dua antik/klasik seperti Enfield tahun 2017 dengan taksiran nilai Rp 40 juta, lalu Honda CB-125 tahun 1974 senilai Rp 5 juta dan Honda Scoopy tahun 2015 senilai Rp 7 juta dan dalam LHKPN, Gibran juga melaporkan kepemilikan harta bergerak lain senilai Rp 260 juta. Berikutnya aset lain berupa kas dan setara kas senilai Rp 2,15 miliar, waw! Sangat besar dan banyak bukan?

kita semua bisa kok, asal berusaha tanpa menyerah!

VIDEO PILIHAN