Mohon tunggu...
Vida vaniahadi
Vida vaniahadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Biologi

Jangan menggantungkan kebahagianmu kepada orang lain , karena yang bisa membuat bahagia diri kita sendiri

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Jangan Sepelekan, Inilah Manfaat Kulit Salak untuk Kesehatan

30 November 2021   07:30 Diperbarui: 30 November 2021   08:12 47 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kalau dengar kata Salak pasti yang terbayang yaitu buahnya dengan warna kulit bersisik dan berwarna coklat.  Siapa yang suka salak? Atau bahkan fobia dengan salak? 

Nah, jika mengetahui segudang manfaat dari buah ini pasti salak menjadi buah yang disukai oleh semua masyarakat. Ternyata selain buahnya, Kulit salak juga banyak manfaat bagi  kesehatan. Kulit salak ini terdiri dari kulit ari dan kulit luar mengandung tanin dan Vitamin C yang tinggi. Kulit salak memiliki setidaknya 3 manfaat. Simak berikut ini!

1.Menurunkan gula darah

Sudah dibuktikan bahwa kulit salak ini bisa menurunkan gula darah,  penelitian ini sudah dilakukan oleh  Endang Evacuasiani dengan menggunakan mencit untuk mengetahuinya adanya pengaruh ekstrak kulit salak terhadap penurunan gula darah pada mencit, hasil yang didapat yaitu dengan menggunakan uji fitokimia pada kulit salak mengandung senyawa flavonoid dan tanin, serta sedikit alkaloid, senyawa saponin, steroid serta triterpenoid. Setelah itu  menggunakan uji tes glukosa oral  terbukti bahwa kulit salak berhasil menurunkan kadar gula pada mencit.

2. Menghilangkan Sariawan

Sariawan sering terjadi karena kurangnya vitamin C, dengan mengonsumsi Daging salak kaya akan vitamin c serta kulit ari yang  mempunyai kandungan vitamin C yang  tinggi, mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga  bisa sebagai obat penawar pencegah sariawan.

3.Obat Sembelit

Selain buahnya kaya akan serat, selaput tipis yang menempel pada daging buah  mampu mengobati sembelit. Tetapi banyak orang yang mengira kulit ari malah membuat sembelit, jadi itu mitos yah! padahal menurut healt.detik, kulit ari ini mengandung tanin yang bisa menyembuhkan sembelit.  Cara nya gampang banget untuk yang sedang sembelit, kalian bisa langsung memakan kulit ari yang menempel pada buah. Jadi tidak perlu membuangnya lagi ya..

Editor : Vida Vania Hadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan