Mohon tunggu...
Wisnu Pitara
Wisnu Pitara Mohon Tunggu... Guru - Sekadar membaca saja

Sekadar berbagi melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

BPJS Kesehatan Memberi Manfaat untuk Siapa?

17 April 2024   05:00 Diperbarui: 17 April 2024   05:02 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendahuluan

Pertanyaan mengenai siapa yang sebenarnya diuntungkan oleh BPJS Kesehatan masih sering muncul di kalangan masyarakat. Apakah layanan ini hanya tersedia bagi pekerja formal atau golongan tertentu saja? Mari kita membahas sedikit tentang manfaat BPJS Kesehatan memberi manfaat untuk semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Peran BPJS Kesehatan

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program jaminan kesehatan yang pelaksanaannya sehari-hari dikelola oleh BPJS Kesehatan di Indonesia. Tujuan utamanya adalah memberikan akses pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau bagi seluruh penduduk Indonesia.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang JKN dan peran BPJS Kesehatan:

  1. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN): Program ini diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia untuk melindungi kesehatan seluruh penduduk. Prinsipnya adalah solidaritas sosial, di mana peserta membayar iuran sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing. 

  2. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan: Merupakan lembaga yang bertugas mengelola program JKN. BPJS Kesehatan memberi manfaat dengan mengatur pendaftaran peserta, pengumpulan iuran, dan penyediaan layanan kesehatan sesuai standar yang ditetapkan.


BPJS Kesehatan Memberi Manfaat Apa

Program JKN dan BPJS Kesehatan memberikan jaminan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Setiap individu memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan kesehatan yang layak tanpa khawatir akan biaya yang tinggi.

Pelaksanaan JKN oleh BPJS Kesehatan dimulai pada tahun 2014, sebagai bagian dari implementasi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS. Dengan berlakunya UU ini, berbagai lapisan masyarakat Indonesia dapat menikmati manfaat dari program ini tanpa terkecuali.

BPJS Kesehatan Memberi Manfaat untuk Semua Golongan

BPJS Kesehatan memberi manfaat tidak hanya memberikan manfaat bagi pekerja formal, tetapi juga bagi berbagai golongan dalam masyarakat, termasuk pekerja non-formal dan bahkan yang tidak bekerja sama sekali.

1. Manfaat untuk Semua Golongan

  • Pekerja Formal: Peserta otomatis dengan layanan kesehatan komprehensif.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5
    6. 6
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Healthy Selengkapnya
    Lihat Healthy Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun