Mohon tunggu...
vickiyana bachtiar
vickiyana bachtiar Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Makan-makan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Insinyur di Antara Profesi dan Pengabdian kepada masyarakat

10 Juli 2022   18:48 Diperbarui: 10 Juli 2022   19:03 109 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Insinyur, Antara Profesi dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sebuah profesi yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, profesi yang bagi sebagian orang memandangnya hebat. Bayangkan saja, jalan raya yang membentang sepanjang luas negeri ini siapa lagi kalau bukan seorang insinyur yang membuat. Kadang kita tidak memperhatikan bahwa makanan yang kita makan saja itu merupakan hasil riset dari para insinyur yang bekerja di bidang pangan. 

Sadarkah setiap hari kita duduk di kursi yang berada di dalam kelas, menulis dengan menggunakan bolpoint, mendengarkan lagu-lagu lewat handphone dan itu semua merupakan hasil riset dari para insinyur yang terus menciptakan karya tentunya untuk kepentingan bersama umat manusia.
Dari ulasan di atas kita dapat melihat betapa banyaknya benda-benda yang ada di sekitar kita di buat oleh para insinyur sesuai bidangnya masing-masing. Tentunya suatu benda tidak sembarangan dibuat oleh insinyur yang bukan merupakan bidangnya. Insinyur sendiri adalah seseorang yang mampu mengombinasikan ilmu-ilmu sains, matematika, dan ekonomi yang digunakaan untuk memecahkan permasalahn teknik yang dihadapi oleh masyarakat. 

Mungkin sebagian orang bingung sebenarnya disiplin ilmu teknik itu terdiri dari apa saja. Kadang seseorang bingung membedakan antara seorang insinyur teknik sipil dengan insinyur teknik arsitektur. Atau mungkin insinyur teknik industri dengan insinyur teknik mesin. Kita tahu, di Indonesia dikenal beberapa disiplin teknik antara lain teknik sipil, teknik mesin, teknik industri, teknik arsitektur, teknik kimia, teknik elektro, dan masih banyak lagi.

Tentunya dari disiplin teknik tersebut akan menghasilkan lulusan yang akan menjadi insinyur. Seorang insinyur teknik sipil dituntut tanggung jawab yang besar dalam sebuah pembangunan proyek. Banyak sekali yang harus dipertimbangkan seperti pembiayaan di bidang konstruksi, dampak terhadap lingkungan, penjadwalan, dan bencana yang mungkin terjadi selama proses pekerjaan sampai paska sebuah proyek selesai dibuat. 

Insinyur teknik sipil tentunya masih dibagi lebih khusus lagi antara lain insinyur konstruksi, insinyur geoteknik, insinyur transportasi, insinyur perencana tata kota, insinyur lingkungan, dan lain-lain. Insinyur teknik mesin adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang mesin yang tentunya dengan ilmu itu mereka gunakan untuk merancang dan mengoperasikan sebuah mesin sesuai kegunaanya. Hampir sama seperti apa yang dikerjakan oleh teknik sipil, teknik mesin berkutat dengan mesin yang hampir di setiap aspek kehidupan banyak digunakan. Teknik mesin tentunya masih dibagi sesuai dengan spesifikasinya masing-masing. Bila kita lihat ada yang bekerja di bidang produksi energi, manufaktur, transportasi, teknik pemanasan, transfer panas, dan aliran fluida. 

Sebenarnya masih banyak spesifikasi yang dapat dikerjakan oleh seorang insinyur teknik mesin karena kita tahu bahwa ranah jangkauannya sangat luas meliputi hampir di berbagai bidang kehidupan. Mungkin beberapa orang masih asing dengan gelar insinyur teknik industri. Tetapi sebenarnya profesi ini banyak yang menggeluti. 

Seorang insinyur teknik industri akan bekerja di bidang industri baik manufaktur maupun jasa yang bertujuan untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi dari penggunaan berbagai sumber daya agar mencapai hasil yang maksimal tentunya dengan biaya produksi yang sesuai dengan estimasi. 

Tugas mereka pun cukup kompleks. Mereka harus mengembangkan, merancang, menginstalasi, dan mengoperasikan sistem yang terintegrasi antara manusia, mesin, dan informasi untuk memproduksi barang dan jasa. 

Mereka menjembatani antara bidang keteknikan dan manajemen. Insinyur teknik industri disebut juga integrator sistem yang perhatiannya terfokus pada keseluruhan sistem, dan bukan pada hal-hal kecil pada suatu sistem tersebut. Oleh karena itu, orang-orang menyebut profesi ini fleksibel. 

Lulusan teknik arsitektur nantinya akan menjadi seorang insinyur teknik arsitektur. Tetapi orang-orang lebih terbiasa dengan istilah arsitek untuk menyebutnya. Di sisi lain, orang awam banyak yang menyebut lulusan teknik sipil sebagai arsitek juga. Tentunya kedua profesi ini terdapat perbedaan. 

Seorang insinyur teknik sipil akan berkonsentrasi tentang bagaimana cara membangun sebuah bangunan yang kuat, indah serta ekonomis sehingga akan mencakup semua konstruksi bangunan dari awal perancangan, perhitungan struktur, manajemen pelaksanaan pembangunan sampai dengan perawatan bangunan paska pembangunan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan