Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jogo Tonggo RW 3 Ajibarang Kulon Berikan Sedekah Cantelan

4 September 2020   12:12 Diperbarui: 4 September 2020   12:14 7 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jogo Tonggo RW 3 Ajibarang Kulon Berikan Sedekah Cantelan
Sedekah cantelan (dok.Nining)

Jogo Tonggo adalah kelompok tugas yang ada di Jawa Tengah dengan melibatkan warga untuk warga. Arti jogo tonggo sendiri adalah menjaga tetangga, diharapkan tiap RW bisa saling memantau tetangga sekitar barangkali ada yang terdampak Covid-19.

Dampak wabah corona yang masih dirasakan sekarang menggugah hati warga RW 03 Desa Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Melihat kondisi tetangga masih ada yang terdampak corona dari segi ekonomi maka PKK RW 03 bekerjasama dengan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dalam tim jogo tonggo membuat kepanitian untuk mengadakan sedekah cantelan.

Persiapan membuat cantelan/bungkusan (dok.retno)
Persiapan membuat cantelan/bungkusan (dok.retno)

Dalam kepanitiaan ini terbagi untuk mencari donatur yang mau mendonasikan barang ataupun uang untuk kegiatan tersebut. Berbagai barang dan uang diperoleh dari donatur warga sekitar dan di luar lingkungan.

Modal awal dari dana yang dimiliki sekitar 300 ribu rupiah untuk membeli isi cantelan, ternyata tidak terduga yang mendonasikan banyak sekali. Dalam cantelan(bungkusan) itu Isinya beras, minyak goreng, telur, gula pasir, kecap, bawang putih, bawang merah, cabe, mie, sayuran 4 macam dan ada snack kering juga.

Sejumlah cantelan yang tersedia (dok.nining)
Sejumlah cantelan yang tersedia (dok.nining)

Panitia menyediakan kupon yang dibagikan pada warga yang sekiranya membutuhkan baik dari lingkungan RW maupun dari luar RW. Kegiatan dilaksanakan di depan TK Aisiyah 1 Ajibarang pada hari Jumat (4/9) mulai pukul 07.00 sampai selesai.

Retno Widayanti Koordinator pelaksana sedekah cantelan mengatakan para donatur ternyata luar biasa banyaknya memberi berbagai macam barang untuk isi cantelan.

"Pada pelaksanaannya nanti setiap warga akan di cek suhu, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak sesuai protokol kesehatan agar kegiatan tetap aman terkendali," ungkap Retno menjelaskan.

Berbagai sayuran hasil donasi warga (dok.retno)
Berbagai sayuran hasil donasi warga (dok.retno)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x