Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Mataroda, Jajanan Tradisional Legit dan Gurih

26 Maret 2020   07:28 Diperbarui: 26 Maret 2020   18:04 23 10 9 Mohon Tunggu...

Selamat pagi Indonesia, selamat pagi sahabat semoga senantiasa sehat semua bersama keluarga. Pagi ini cerah menjanjikan sinar mentari yang hangat untuk berjemur diri biar jaga kesehatan. Bersyukur Tuhan selalu melimpahkan sinarNya untuk ummat di dunia agar dimanfaatkan sebaik mungkin dan tentu saja harus di jaga pula.

Masih setia untuk stay at home demi cepat terputusnya coronavirus di bumi tercinta ini, belanjapun cukup sama tukang sayur yang lewat depan rumah jadi tidak perlu bergerombol dengan pembeli yang lain. Mengingat dasyatnya wabah yang makin meluas membuat hati miris dan enggan berbaur dengan tetangga untuk sementara waktu.

Hari ini ngobrolin jajanan tradisional aja yuk, ada kue mataroda atau kue kacamata yang rasanya manis dan gurih. Mataroda terbuat dari parutan singkong yang diberi gula pasir lalu isi pisang dan digulung, kemudian dikukus. Kalau sudah matang tinggal diiris-iris jadi seperti kacamata dan ditaburi kelapa parut. 

Jajanan murah ini untuk memanfaatkan singkong yang kadang bosan untuk memakannya, bisa diolah jadi panganan cantik seperti kue mataroda ini. Sebenarnya singkong bisa dibuat banyak jenis makanan seperti getuk, bintul, krawu dan sebagainya. Semua makanan tradisional masih banyak dicari karena memakai bahan alami dan tanpa pengawet. 

Lagi saatnya dirumah saja yuk kreatif bikin makanan tradisional, selain lebih sehat juga mengenalkan anak-anak pada makanan peninggalan nenek moyang.

Salam hangat, salam sehat Indonesiaku

KBC-26 Brebes Jawa Tengah

VIDEO PILIHAN