Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Terbuktikah di Hari ini, Rabu Pon 8, Presiden Jokowi Melakukan Reshuffle?

8 Desember 2021   00:48 Diperbarui: 8 Desember 2021   17:03 1684 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelantikan menteri Kabinet Kerja reshuffle jilid 2.  Sumber: Merdeka.com

Saya sih gak deg-degan, ngapain juga hahaha. Yang itu tuh yang deg-degan. Lagian apa hubungannya coba. Apalagi terkait Reshuffle. Mau kapan dieksekusi Presiden terserah beliau, namun jujur saya memang ikut mendorong dilakukannya Resuffle bukan hanya karena pertimbangan politis tapi untuk meningkatkan percepatan kinereja kabinet untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang masih banyak belum diselesaikan.

Emang dari sebulan lalu, saya beberapa kali menulis artikel tentang Perombakan kabinet (cabinet reshuffle) atau sering hanya menyebutkan reshuffle. Seolah-olah memaksa Presiden untuk dalam waktu dekat melakukuannya. Begitu juga bersamaan dengan adanya desakan atau permintaan dari teman-teman relawan Jokowi. Tentu dengan pertimbangan-pertimbangan yang sudah saya tulisakan dalam beberapa artikel saya lainnya.

Nah, kali ini. Tebak-tebak buah manggis nih. Kapan  Presiden sudah menetapkan hati dan pertimbangan yang matang untuk melakukan perombakan kabinet? Karena udaha terlalu banyak yang berspekulasi. Jadi wajar, secara politis banyak pihak sedang menanti. Khususnya dari Partai kolaisasi Pemerintah.

Nah tiba-tiba berhembuslah kabar angina, yang mengubung-hubungkan perombakan kabinet ini akan dilakukan Presiden Jokowi pada hari ini, Rabu Pon  8 Desember 2021.

Dari mana perkiraan itu berhembus? Ternyata berdasarkan pengalaman dan kebetulan Berdasarkan perhitungan kalender Jawa, pada 8 Desember juga bertepatan dengan hari Rabu Pon.  Presiden Joko Widodo diketahui sering melakukan reshuffle pada hari tersebut.

Selain Rabu pon, selama ini Rabu Pahing dikenal sebagai 'hari baik' yang dipilih Jokowi untuk membuat keputusan penting, termasuk reshuffle kabinet.

Masalahnya sepanjang bulan Desember 2021, gak ada lagi hari pasaran Rabu Pon. Hanya hari ini, tanggal 8 Desember 2021. Jatuh pada Rabu Pon.

Spekulasi ini, percaya gak percaya, ada yang meyakininya. Saya kasih salah satu contoh saja yaitu pernyataan politi PAN, yaitu Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto mengaku mendengar kabar isu reshuffle atau perombakan kabinet terjadi pada Rabu, 8 Desember 2021 mendatang. (Tribunnews.com 1 Desember 2012)

Terkait adanya kabar bahwa Reshuffle akan dilakukan pada hari ini, Rabu 8 Pon. Hal ini dibantah oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, menurutnya hingga kini belum ada rencana Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pada Rabu, 8 Desember 2021. Menurut dia, semua menteri dan wakil menteri diminta fokus bekerja. (Liputan6.com 01/12/2012)

Nah mana yang benar? Jadikah hari ini atau hanya Allah dan Presiden Jokowi yang tahu.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan