Hotel merupakan suatu bidang bisnis yang memerlukan banyak department di dalamnya. Struktur dan Department yang ada di suatu hotel tergantung dari tingkatan bintang hotel itu sendiri. Semakin tinggi bintang hotel, semakin banyak struktur dan department yang ada pula. Tidak semua sama, tetapi berikut beberapa department yang ada di suatu hotel pada umumnya:
1. Front Office Department
Ketika kita pertama kali masuk ke dalam suatu lobby hotel, staff dari department Front Office lah yang akan kita lihat pertama, seperti Receptionist, Concierge, Bellboy, Door Girl, dan Guest Service.
Receptionist bertanggung jawab terhadap penanganan tamu check in maupun check out serta pembayaran, sedangkan Concierge bertanggung jawab terhadap barang bawaan tamu.
2. Housekeeping Department
Housekeeping Department merupakan department yang bertanggung jawab atas kebersihan seluruh area hotel, baik didalam bangunan hotel maupun diluar bangunan. Staff Housekeeping jugalah yang merapikan kamar yang akan dijual.
3. Food and Beverage Department
Tak hanya menyediakan jasa penginapan, hotel juga biasanya menyediakan fasilitas makan dan minum seperti restoran dan bar. FnB Department merupakan department yang bertanggung jawab atas hal ini, baik pengolahan makanan dan minuman, maupun pelayanannya.
4. Engineering Department
Department ini bertanggung jawab atas seluruh perawatan dan perbaikan mesin yang ada di hotel, seperti jika AC atau TV di dalam kamar rusak, maka staff dari department inilah yang akan datang ke kamar dan memperbaiki.
5. Accounting Department