Mohon tunggu...
R.A. Vita Astuti
R.A. Vita Astuti Mohon Tunggu... Dosen - IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi | www.v4vita.com

Dosen Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Kalau Kuliah Berat, Biar Dilan Saja

23 Oktober 2021   16:44 Diperbarui: 28 Oktober 2021   15:45 696 18 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi mahasiswa yang sedang mengalami masalah saat mengikuti ujian online. (DOK. PEXELS via kompas.com)

Sebagai dosen, saya merasa tidak enak ketika ada yang bilang stress karena kuliah. Tulisan ini tidak untuk membela diri tapi memberi wawasan yang seimbang bagi para pembaca.

Pasti dosen akan memberikan tantangan dan tugas sesuai standard minimal jenjang perguruan tinggi. Untuk Strata 1 atau Sarjana, capaian pembelajarannya mengikuti Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6, yaitu:

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Semestinya bila mahasiswa sudah lulus SMA dan lolos masuk ke perguruan tinggi, dia bisa menghadapi kualifikasi tersebut secara minimal. Bahkan kalau melebihi dia akan mendapatkan hasil cum laude atau sangat memuaskan.

Umumnya memang begitu, walau bisa dipahami ada beberapa dosen yang mempunyai pemikiran yang berbeda dan menuntut lebih. Biasanya dosen ini disebut dosen killer. 

Buat saya, justru mahasiswa mendapat kekayaan paparan jenis dosen yang berbeda, dan biasa menghadapi tantangan kecil di masa kuliah.

Perlu dipahami juga bahwa satu kehidupan itu tidak hanya melulu kuliah. Mahasiswa juga mengikuti kegiatan non kuliah di kehidupan sosialnya dan dia juga berhubungan dan kontak dengan berbagai circle, atau lingkaran. 

Misalnya saja dia punya keluarga, saudara, teman, pasangan, ataupun mungkin kalau sudah menyambi kerja, dia mendapat teman kerja dan atasan.

Jadi bila mahasiswa bilang stress karena kuliah, sebenarnya kuliah bukan satu-satunya pemicu, bisa saja tumpukan dari masalah non-kuliah dan meledak ketika tuntutan kuliah muncul karena merupakan tanggung jawab besar dan wajib.

Beberapa faktor di bawah ini bisa dipertimbangkan:

1. Tekanan keluarga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan