Mohon tunggu...
Universitas BSI
Universitas BSI Mohon Tunggu... Lainnya - Lembaga Pendidikan

Akun resmi Universitas Bina Sarana Informatika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Waspada! Metadata Disclosure Mengintai Kelengahan Pengguna Internet

7 September 2021   13:32 Diperbarui: 7 September 2021   13:37 52 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Waspada! Metadata Disclosure Mengintai Kelengahan Pengguna Internet
Dok: Universitas BSI.

Istilah Metadata Disclosure, bagi sebagian orang mungkin asing dan ada yang belum mengetahui artinya. Metadata Disclosure merupakan kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh seorang penjahat siber atau orang lain, dikarenakan berisi informasi terstruktur yang dapat dilihat oleh publik.

Pengertian metadata merupakan gabungan dari dua kata, yaitu 'meta' yang artinya deskripsi atau definisi mendasar, dan 'data' yang merupakan sekumpulan informasi. Sehingga metadata dapat dikatakan sebagai ringkasan detail mengenai suatu data.

Menurut Appkey, metadata terdiri dari 3 jenis. Yaitu: Metadata Deskriptif, yang merupakan metadata yang mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan sumber informasi. Metadata Struktural, merupakan jenis metadata yang berguna untuk menggabungkan objek digital menjadi objek yang terstruktur dan saling terhubung. Sedangkan, Metadata Administratif, merupakan metadata yang menyediakan informasi yang dapat digunakan untuk pengelolaan dan pengaturan sumber informasi, seperti informasi kapan sumber atau konten diciptakan, hak cipta, tipe file, dan informasi lainnya yang bersifat teknis.

Baca Juga : Analisis Rasion Keuangan Dapat Mengukur dan Menilai Kinerja Perusahaan Untuk Pertimbangan Investasi

Fungsi dari metadata yang sering dimanfaatkan oleh penjahat siber adalah identifikasi dan pelacakan, karena metadata menyimpan informasi sensitif yang seharusnya tidak dapat dilihat oleh publik. Sebagai contoh, sebuah foto atau video seseorang berisi metadata yang mencakup model kamera, resolusi, ukuran gambar, megapixel, hingga GPS Latitude dan GPS Longitude.

Sangatlah berbahaya jika Anda berfoto di rumah lalu memposting di media sosial atau membagikan foto tersebut di chat grup ataupun dengan orang lain di sosial media. Sebab, jika orang lain paham mengenai metadata, lalu mencoba membaca metadata dari foto atau video yang Anda kirimkan, maka dengan sangat mudah orang tersebut mengetahui lokasi rumah Anda.

Selain itu, metadata juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui apakah sebuah foto adalah asli atau sudah dilakukan pengubahan dengan menggunakan software editing.

Sering kali metadata disclosure, tidak dianggap sebuah bug di situs media sosial, tetapi bukan berarti Anda tidak perlu berhati-hati dengan foto atau video yang Anda posting di media sosial. Karena penjahat siber berada di mana saja tanpa disadari kehadirannya.

Metadata dapat dibaca secara online, dengan situs yang dibuat secara khusus untuk membaca metadata, dari sebuah dokumen atau Anda dapat menggunakan software seperti exiftool. Hasil percobaan mengekstrak metadata dari sebuah foto, mendapatkan hasil yang berupa informasi sensitif yaitu geo-location dari tempat foto tersebut diambil. Tentunya hal ini sangat membahayakan, jika data tersebut adalah lokasi rumah Anda atau Kantor Anda.

Bermodalkan lokasi yang didapatkan dari metadata, penjahat siber akan melakukan metode lainnya hingga tujuannya tercapai, yaitu mendapatkan lebih banyak informasi sensitif dari korbannya dan penjahat siber dapat menggunakan metadata sebagai information gathering dari calon korbannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan