Mohon tunggu...
Umsida Menyapa
Umsida Menyapa Mohon Tunggu... Jurnalis - Humas

Humas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Keseruan Hari Terakhir Fortama Umsida 2023

24 September 2023   16:27 Diperbarui: 24 September 2023   16:28 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Forum Ta'aruf Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Fortama Umsida) 2023 berlanjut di hari ketiga yang dilaksanakan di kampus 1 Umsida pada Sabtu (23/09/2023).

Rangkaian acara pada hari ketiga ini adalah pengenalan Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Inagurasi. Dan di akhir acara, terdapat penampilan spesial dari salah satu penyanyi terkenal di Indonesia yakni Damara De

Berbeda dengan dua hari sebelumnya, Fortama hari terakhir dimulai lebih siang. Sekitar pukul 13.00 mahasiswa baru mulai meramaikan kampus 1 dan berakhir pada malam hari sekitar pukul 09.00 karena ada penampilan spesial dari bintang tamu.

Pengenalan Ormawa dan UKM kepada maba

Di awal acara, terdapat lima belas Ormawa yang turut memperkenalkan organisasi mereka kepada para mahasiswa baru. Tujuannya supaya nantinya mereka aktif mengikuti kegiatan kampus tak hanya di kelas saja. Perkenalan Ormawa ini dilakukan di auditorium KH Ahmad Dahlan GKB 2 lantai 5.

Baca juga: Rektor Umsida Tutup Fortama 2023: Insya Allah Kalian Nanti Akan Diwisuda pada 2027

Setelah mengikuti pengenalan Ormawa, menjelang sore hari semua mahasiswa baru berpindah ke halaman kampus 1 Umsida untuk mengikuti acara selanjutnya yakni pengenalan delapan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Umsida. 

UKM merupakan salah satu kegiatan yang biasa diikuti mahasiswa untuk mengasah kemampuan non akademik atau mengembangkan kegemarannya. Mahasiswa yang bergabung ke UKM mengenalkan kegiatan mereka dengan cara menampilkan kegiatannya dihadapan maba. Seperti peragaan beladiri, olahraga, menyanyi, dan masih banyak lagi.

Rencana maba ikut Ormawa dan UKM

Setelah diperkenalkannya Ormawa dan UKM, mahasiswa baru memiliki pandangan akan bergabung di organisasi apa esoknya. Seperti yang dialami oleh Saddam Akbar, mahasiswa baru dari program studi Akuntansi. 

Setelah melihat penampilan dari Ormawa dan UKM, ia berniat untuk bergabung di UKM beladiri, lebih tepatnya Jujitsu, "Sebelumnya saya sudah bergelut di dunia beladiri sejak sekolah jadi bergabung di UKM ini ya ingin melanjutkan bakat dan kemampuan saya," ujarnya.

Ada juga mahasiswa baru dari prodi Psikolog bernama Fadilah Putri, ia ingin bergabung dengan UKM teater Gedhek, "Seru sih tadi liat penampilan teater gedhek, jadi tertarik buat gabung. Tapi masih mikir-mikir lagi sebenarnya mau beneran gabung yang mana," ucap mahasiswa yang biasanya dipanggil Dilah ini.

Terdapat banyak bazar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun