Mohon tunggu...
UmsidaMenyapa1912
UmsidaMenyapa1912 Mohon Tunggu... Freelancer - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kami Instansi yang bergerak di bidang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peserta Internasional SE 2024: Program Ini Sangat Membekas

27 Mei 2024   11:57 Diperbarui: 27 Mei 2024   12:46 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melaksanakan kegiatan bertaraf internasional selama sekitar satu minggu di Bali (21-26/05/2024), tentu memberikan keseimbangan bekas bagi para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida). Apalagi bagi mereka, para peserta yang berasal dari luar Indonesia. Katakanlah dari Thailand, Malaysia, dan India yang tergabung dalam kegiatan International Study Excursion (ISE 2024).

Lihat juga: Ini Alasan Mahasiswa PBI Pilih Bali Untuk Praktek Business English

Dalam mengikuti kegiatan perkuliahan yang berbeda pada umumnya, meninggalkan bekas yang mengesankan. Saat berkumpul di pusat oleh-oleh khas Bali tepatnya di Krisna Blangsinga pada Jumat (24/05/2024), para perwakilan dari Malaysia, India, dan Thailand menyampaikan kesan mereka selama mengikuti rangkaian kegiatan ISE 2024. Lalu, apa kata mereka yang mengikuti kegiatan internasional studi excursion 2024?.

Kesan mengikuti ISE 2024
Ikom Umsida
Ikom Umsida

Kenneth Lee Tze Wui, dosen dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berkesan baginya. Di kesempatan ini, mahasiswa UTAR tak hanya bertemu dengan orang Indonesia saja, tapi juga dari Thailand dan India.

Selanjutnya, Asst Prof Dr Noppawan Phuengpha, dosen dari Burapha University (BUU) mengatakan, "Kami sangat senang bisa mengikuti program ISE 2024. Ada bermacam-macam kegiatan yang kita lakukan bersama selama satu minggu ini," Ucap Dr Nop.


Para mahasiswa dari Burapha, sambungnya,  juga bisa merasakan perbedaan budaya yang ada di Sidoarjo dan Bali, baik adat istiadatnya maupun agamanya. Menurutnya, program ini merupakan momen yang menyenangkan dan salah satu kesempatan yang sayang untuk dilewatkan.

Perwakilan dari Ajeenkya DY Patil University (ADYPU) India yakni  Dr Kirti juga menyampaikan kesan yang baik atas program ISE 2024. 

"Mahasiswa kami bisa menjalin relasi dengan mahasiswa lain dari negara lain. Di sini banyak aktivitas seru, begitu juga dengan games-nya. Selain aktivitas luar ruangan, kami juga menikmati workshop on the bus yang menurut saya itu adalah ide yang kreatif.  Selain itu, kegiatan camping juga sangat menyenangkan. Mahasiswa bisa berinteraksi satu sama lain tak hanya dengan teman senegaranya saja," tuturnya.

Lihat juga: 3 Manfaat Magang Kemendikbud dan Project/Problem Based Learning

Mengunjungi pulau Bali selama satu minggu dan mengenal budayanya merupakan pengalaman yang tak akan dilupakan. Di kegiatan ini, menurutnya, Umsida menjamu para peserta terutama dari luar negeri dengan sangat baik dan mementingkan kenyamanan peserta. Ia berharap kegiatan cross cultural activities bisa terlaksana kembali nantinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun