Mohon tunggu...
Umi Maisyaroh
Umi Maisyaroh Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas

Saya seorang guru kelas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserat Didik dengan Model Team Game Tournament Berbantuan Quizwhizzer

12 Agustus 2023   10:25 Diperbarui: 18 Agustus 2023   22:07 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran.

Lokasi

SD Negeri 16 Pontianak Selatan


Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar (Guru Kelas SD)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Model Teams Games Tournament Berbantuan Tools Online Quizwhizzer

Penulis

Umi Maisyaroh, S.Pd

Tanggal

24 Juli 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah kondisi pembelajaran terlihat bahwa peserta didik kurang semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Secara umum, hal ini disebabkan oleh penyampaian materi dari guru kurang dipahami. Pembelajaran masih berpusat pada guru serta guru kurang memberikan stimulus saat proses pembelajaran. Oleh karena itu peserta didik menjadi cepat bosan dan kurang bersemangat. Hal ini bisa terlihat dari sikap peserta didik yaitu :

  • Sikap duduk siswa saat belajar tidak sesuai, seperti meletakkan tangan beserta kepala ke atas meja.
  • Siswa sering keluar masuk kelas saat jam pelajaran berlangsung.
  • Siswa mengobrol saat guru memberikan penjelasan.
  • Siswa sering menanyakan jam saat belajar.

Dari kelima poin di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar peserta didik masih rendah. Kondisi tersebut semakin kompleks dengan kurangnya implementasi guru dalam menggunakan model pembelajaran dan media yang menarik di kelas. Selain itu, guru kurang berusaha membangkitkan kembali motivasi atau semangat peserta didik untuk belajar seperti dengan melaksanakan ice breaking atau memberikan penghargaan (reward) bagi peserta didik yang sudah baik/berprestasi dalam proses pembelajaran.

Praktik pembelajaran ini penting dibagikan karena rekan guru yang lain mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami. Hasil praktik baik ini diharapkan dapat menjadi referensi, inspirasi sekaligus motivasi bagi guru lainnya untuk mengajar dengan lebih baik.

Saya berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pembelajaran secara efektif, sehingga tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan dapat tercapai. Upaya yang sudah saya laksanakan yaitu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan belajar. Selain itu, perangkat pembelajaran yang sudah saya buat berupa modul ajar, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan instrumen penilaian. Perangkat tersebut sudah diimplementasikan melalui kegiatan pembelajaran di kelas.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan ini: Tantangan yang saya hadapi saat pelaksanaan praktik adalah :

  • Guru belum mau membuka diri untuk melakukan perubahan dalam penerapan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakterisik peserta didik dan materi.
  • Media yang digunakan guru belum bervariatif.
  • Peserta didik yang masih kurang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung.
  • Peserta didik yang masih suka asik sendiri ketika proses diskusi berlangsung.

Berdasarkan tantangan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi pedagogik dan professional, sedangkan dari sisi peserta didik adalah motivasi belajar.

Yang terlibat dalam praktik pembelajaran ini adalah:

  • Saya selaku guru sebagai pengajar
  • Peserta didik sebagai subjek
  • Dosen pembimbing dan guru pamong yang sudah memberikan saran dan kritik terhadap perangkat rencana, proses, dan evaluasi pembelajaran.
  • Kepala sekolah yang berperan membimbing guru agar dapat memahami aktivitas pengajaran yang efektif dan memahami penyelesaian atas permasalahan peserta didik dan memberikan izin guru melakukan kegiatan praktik.
  • Teman sejawat yang ikut andil dalam membantu melaksanakan proses persiapan maupun menjadi observer dalam kegiatan pembelajaran.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Berdasarkan tantangan yang dihadapi tersebut langkah-langkah persiapan lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, sebagai berikut:

Salah satu usaha untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan penggunaan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik. Dalam praktik yang dilakukan ini, salah satu model pembelajaran yang digunakan guru adalah Teams Games Tournament.

Menyiapkan media berbasis TIK seperti slide powerpoint, video pembelajaran, dan juga menyiapkan game interaktif berbasis online yaitu berupa Quizwhizzer.

Menyiapkan bahan ajar dan LKPD yang menarik bagi peserta didik menggunakan canva.

Merancang ice breaking untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik dan memberikan apresiasi atau reward kepada peserta didik agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Dalam praktik yang dilakukan, strategi yang digunakan yaitu penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dibantu dengan media game interaktif Quizwhizzer.

Dalam proses pemilihan model, hal yang pertama kali dilakukan  yaitu memahami karakteristik materi dan karakteristik peserta didik, pada pembelajaran ini guru menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Kemudian, dilanjutkan dengan mempelajari model tersebut melalui kajian literatur dan dilanjutkan dengan membuat perangkat ajar.

Adapun langkah-langkah penerapannya yaitu:

  • Menyampaikan materi
  • Mengelompokkan peserta didik
  • Melakukan permainan
  • Menyelenggarakan turnamen
  • Memberi penghargaan

  • Adapaun sumber daya yang diperlukan yaitu :
  • Sumber daya berupa bahan ajar dan media pembelajaran meliputi buku teks, modul ajar, LKPD, dan nomor kepala untuk peserta didik.
  • Sumber daya teknologi meliputi laptop, jarigan internet, LCD, pengeras suara (speaker), dan handphone untuk melaksanakan kegiatan turnamen.
  • Sarana dan prasarana meliputi ruang kelas beserta kelengkapannya.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Setelah melaksanakan praktik pembelajaran, penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) yang dikolaborasikan dengan video pembelajaran serta melaksanakan game dan turnamen dengan media interaktif Quizwhizzer berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan sikap peserta didik yang sebelumnya pasif, kurang bersemangat dan cenderung sibuk sendiri saat proses pembelajaran menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam pembelajaran. Peserta didik saling bekerjasama, membantu dan mendorong untuk menguasai materi yang diajarkan untuk mempersiapkan turnamen yang diadakan. Dengan begitu, peserta didik termotivasi untuk terus belajar dan berusaha menjadi yang terbaik, apalagi akan ada penghargaan yang peserta didik terima ketika berhasil menjadi pemenang. Melalui model Teams Games Tournament ini, peserta didik lebih aktif dan proses pembelajaran yang berjalan terasa menyenangkan.

 

Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan
menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) tersebut respon dari lingkungan sekitar yaitu dari peserta didik dan teman sejawat memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut:

Dari peserta didik: mereka merasa senang dengan proses pembelajaran karena ini merupakan pertama kalinya peserta didik melaksanakan turnamen dalam pembelajaran dengan berbantuan media game interaktif Quizwhizzer.

Dari teman sejawat: rekan guru yang melakukan observasi dan proses perekaman video memberikan respon positif. Menurut mereka, proses pembelajara ini bisa menjadi referensi bagi dirinya sendiri maupun guru yang lain dalam memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran terutama dalam usaha untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan yaitu adanya faktor bimbingan dosen dan guru pamong, faktor persiapan meliputi penyiapan perangkat pembelajaran, faktor dukungan stakeholder terkait, serta faktor sarana dan prasarana yang tersedia.

Hal baik yang didapatkan dari pembelajaran ini adalah masalah atau kendala yang dihadapi guru maupun peserta didik dapat diselesaikan jika guru mau melakukan refleksi pembelajaran dan terus belajar dan mencoba cara-cara mengajar agak pembelajaran lebih menarik, kreatif dan inovatif. Persiapan yang matang juga menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang dirumuskan dapat tercapai maksimal. Dalam pembelajaran, motivasi belajar peserta didik memegang peran yang sangat penting, baik itu motivasi instrinsik maupun ekstrisik. Guru sebagai pelaksanan pembelajaran dapat memberikan motivasi ekstrinsik bagi peserta didik dengan berbagai cara seperti penerapan model, pemanfaatan media dan masih banyak lagi. Dengan adanya motivasi ekstrinsik, guru dapat memacu peserta didik agar timbul keinginan dan kemauannya untuk meningkatkan prestasi belajarnya sehingga tercapai tujuan pendidikan sesuai dengan yang diharapkan dan ditetapkan dalam kurikulum sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun