Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

ASI, Susu Formula dan Kental Manis yang Dianggap Susu

2 Oktober 2022   11:46 Diperbarui: 6 Oktober 2022   11:54 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi by ulihape 

Dunia Ibu

Ada istilah Mom War dalam dunia Ibu, apa saja sepertinya selalu ada pro dan kontra, Ibu A mendebat Ibu B, atau Ibu C menganggap caranya adalah terbaik hal ini selalu memicu Mom War. Yang bikin panas emak, yang ngademin juga emak, this is our life mom!

Aku pribadi sejak menjadi Ibu memahami bahwa sebagai Ibu kita ingin berbuat hal terbaik untuk keluarga, namun boro-boro menganggap aku lah yang terbaik, entah mengapa yang muncul di kepalaku adalah bahwa semua pilihan yang aku buat bukanlah karena aku hebat melainkan karena aku tak mampu seperti Ibu lain 

Mengakui ketakmampuanku membuat aku menghargai setiap perbedaan yang ada dalam dunia Ibu.

Makanan Terbaik Bayi

Semua literatur menunjukkan bahwa ASI alias Air Susu Ibu adalah makanan terbaik untuk bayi, bahkan sampai hari ini belum ada makanan terbaik bagi bayi yang kandungannya bisa menyamai ASI.

Ilustrasi from canva edited by ulihape
Ilustrasi from canva edited by ulihape

It,'s mean sebagai calon Ibu kala itu jelas aku bermimpi aku akan memberikan makanan terbaik untuk anakku, jangan bahas payudara menjadi kendor sebagai alasan nggak mau kasih ASI, wong nyawa saja siap diberi ketika melahirkan anak ke dunia ini.

Makanya kalo ada seorang Ibu yang menjudge Ibu lain hanya karena tidak memberikan ASI sebaiknya cari tahu dulu penyebabnya. Betul memang ada Ibu yang memutuskan dengan sadar tak memberi ASI karena feminisme, aliran yang mengatasnamakan HAM dalam memfungsikan organ tubuhnya, tapi kalau dipersentasikan berapa sih yang begini?

Aku pribadi sejak mengetahui diri hamil sangat menginginkan ASI sebagai pilihan nutrisi terbaik untuk bayiku, bahkan semua anjuran dokter seperti memuntir puting susu sejak dini meski sangat nggak nyaman aku lakukan demi sukses mengASIhi, nyatanya? 

Aku termasuk seorang Ibu yang tak mampu memberikan ASI karena alasan medis. Minum suplemen, mengikuti kelas laktasi dan membiarkan anakku tak minum selama nyaris 3x24 jam juga dilakukan demi ASI, sampai akhirnya aku give up dan anakku mendapatkan Susu Formula tentu saja sesuai rekomendasi dokter anak dan dengan segala resiko atas pilihan tersebut yang harus kami pikul. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun