Jadi Konsumen Cerdas dengan 4 Langkah Mudah , Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja !
Sebagai konsumen kadang kita tuh kerjaannya mau ngomel-ngomel melulu ya! Mungkin ini penyebabnya dari pepatah lama "pembeli adalah raja", pokokkmen apapun yang terjadi pembeli itu enggak pernah salah.
Aku sudah diajak mamak belanja sejak kecil, dan biasanya aku bete banget nungguin mamak belanja. Nanya ini itu, menawar harga dan membandingkan ke beberapa toko, lelah akutuh! Meski enggak komplain tapi mamak sepertinya paham aku bete, jadi dalam perjalanan dan masih diatas becak mamak akan bilang "meski kita ini raja, tapi banyak loh raja yang kena tipu". Jangan percaya kalau dibilang abangnya harganya sudah paling murah, jangan percaya kalau dibilang abangnya kedaluwarsanya masih lama. Jadi pembeli itu selain cerewet juga harus cermat.
Obrolan itu sayup-sayup saja mampir ke telinga, dimataku cuman mamak yang begitu. Akhirnya akupun sudah bisa ke pasar sendiri dan tahu apa yang terjadi? Ternyata aku lebih cerewet dari mamak haha, dan semua ilmu mamak saat belanja memang berguna banget, ternyata jadi konsumen itu memang harus smart.
Badan POM Hadirkan Aplikasi BPOM Mobile
Badan Pengawas Obat dan Makanan selalu berusaha melindungi konsumen, dan Badan POM selalu berusaha meningkatkan pelayanan untuk bisa selalu melindungi hak konsumen. Salah satu layanan yang sering aku gunakan untuk menghubungi Badan POM adalah email Halo BPOM Contact Center, dan seiring dengan perkembangan era digital Badan POM juga enggak mau ketinggalan sehingga konsumen bisa dengan mudah mencari tahu tentang sebuah produk.Â
Akun sosial media BPOM juga sangat fast respon dan terakhir pada tahun 2016 aku juga hadir dalam launching HALO BPOM 1500533 dan saat itulah aku makin yakin kenapa kita harus memastikan produk yang kita beli harus terdaftar di BPOM, karena semua produk yang sudah terdaftar itu di uji di lab oleh Badan POM jadi bukan sekedar daftarin nomor produk aja ges tapi ternyata di uji loh!
Akhir tahun 2018 aku mengetahui terobosan baru Badan POM untuk melindungi konsumen dengan menghadirkan aplikasi BPOM Mobile tujuannya apa lagi kalau bukan untuk keamanan konsumen ya kan? Nah aplikasi ini mempunyai 4 menu yaitu Cek produk untuk semua produk obat dan makanan, lalu ada menu artikel dimana kita bisa menemukan banyak fakta terkait peredaran obat dan makanan, lalu ada menu riwayat scan jadi menu ini semacam arsip gitu ges dan terakhir ada menu aduan bila kita ingin melaporkan produk yang belum terdaftar atau tidak dikenali oleh aplikasi ini.
Talkshow Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja
Sabtu 7 September 2019 lalu aku dan teman-teman blogger ikut menghadiri acara Talkshow yang diadakan Badan POM di Vaenue Star Lippo Kemang dengan tema "Ayo Cek Klik, pilih obat dan makanan yang aman". Pada kesempatan ini untuk pertama kalinya aku bisa bertatap muka dengan Ibu DR. IR. Penny K. Lukito, MCP, selaku Kepala Badan POM RI dan beliau menjelaskan bahwa kini Aplikasi BPOM Mobile sudah diperbaharui dengan 2D Barcode (QR Barcode) jadi semakin memudahkan konsumen untuk mengecek barang yang dibelinya.

4 Langkah Mudah untuk Jadi Konsumen Cerdas
Lalu apa sih yang dimaksud dengan Ayo Cek KLIK ? Cek KLIK adalah ajakan kepada konsumen untuk lebih aware terhadap barang yang mau dibeli jadi Badan POM ingin mengajak kita selaku konsumen untuk melakukan :
- Cek Kemasan , jadi jangan asal comot barang ya ges. Cek dulu kemasannya apakah ada yang bocor, penyok atau bahkan sudah enggak layak. Jangan sudah sampai rumah baru ngomel-ngomel ya hal ini bisa dihindarkan dengan melakukan Cek Kemasan.
- Cek Label, pastikan produk memaparkan informasi yang jelas bukan sekedar komposisi tetapi sampai informasi kandungan gizi nya ya ges
- Cek Izin Edar, nah aplikasi BPOM Mobile ini juga akan menginfokannya kepada kita dan mudah banget mencari tahunya cukup dengan scan barcode saja semua informasi akan muncul.
- Cek Kedaluwarsa, kita pasti terbiasa melakukannya namun jangan salah ya ges banyak banget yang suka memalsukan jadi lebih baik langsung gunakan aplikasi BPOM Mobile nya supaya enggak tertipu dengan oknum.

Pada kesempatan ini juga hadir Bapak Tulus Abadi selaku ketua YLKI dan beliau mengingatkan bahwa sebagai konsumen jangan tahunya menuntut hak nya saja, tapi lakukan kewajiban dengan melakukan Cek KLIK sebelum belanja. Usaha menjadi konsumen cerdas itu adalah kewajiban kita selaku konsumen dan beli mengapresiasi Badan POM yang tetap melakukan inovasi dalam melindungi konsumen.
Dibagian akhir Ibu Penny Lukito bersama Bapak Faturrahman, ST selaku Wakil Ketua Umum DPD APRINDO mengunjungi salah satu ritel yang ada di Lippo Kemang dan sebagai wujud untuk melindungi konsumen pada semua rak display produk sudah terpasang flyer yang berisikan informasi edukasi untuk mengajak konsumen untuk melakukan Ayo Cek KLIK sebelum belanja.
Nah mudahkan menjadi konsumen yang cerdas? Ingat ya Ayo Cek KLIK sebelum belanja!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI