Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Pilihan

Nobar Debat Capres Bareng Charles Bonar Sirait

18 Januari 2019   17:21 Diperbarui: 18 Januari 2019   17:20 0 2 1 Mohon Tunggu...
Nobar Debat Capres Bareng Charles Bonar Sirait
Dokpri

Semalam mungkin adalah pengalaman terasyik sepanjang isu pemilihan presiden, soalnya ges tiap hari di timeline menjelang debat semua kubu sudah saling klaim tentang jagoannya. Lalu sore kemarin tiba-tiba aku ditelepon oleh CBS School Of Communication, yup! ini adalah sekolah public Speaking Charles Bonar Sirait, buat yang generasi 80-an sih pasti kenal sama Bang Charles ya kan ? Ternyata isi telepon itu adalah Bang Charles mau ngajakin Blogger buat Nobar Debat Capres. Semula Bang Charles berharap ada Blogger kubu paslon 01 dan paslon 02, namun karena acaranya mendadak maka susah dong ngumpulin blogger femes hehe, akhirnya hanya ada aku, suami dan keluarga Bang Charles.

Sebagai seorang pelatih Public Speaking yang sudah menghasilkan lebih dari 6 buku tentang public speaking kali ini Bang Charles ingin mengajak kami menjadi bagian dari debat Capres, jadi nanti kami akan diajak Bang Charles untuk mengamati jalannya debat capres perdana dan beliau meminta kami harus netral dalam memberikan penilaian, enggak boleh memihak meski sudah mengaku cebong sejak sore hehe. Selama nobar kita semua sama serunya dengan para undangan yang menyaksikan langsung di Hotel Bidakara, bedanya Bang Charles menganalisa debat dari sisi ilmu komunikasi. Tahun 2014 beliau juga memberikan analisa dari sudut pandang pakar komunikasi dan saat ini beliau sedang menempuh pendidikan S3 untuk bidang komunikasi, keren ya !


Lantas bagaimana sih analisa Bang Charles selama debat kemarin ? Aku akan membahasnya disini dan kalian juga bisa klik tautan ini untuk menyaksikan video rekaman semalam ya. 

Pakaian Para Kandidat

Paslon 02 tiba lebih awal di lokasi debat Prabowo-Sandi menggunakan stelan jas dan menurut Bang Charles sebaiknya Prabowo jangan menggunakan jas kancing 3 seperti semalam karena itu lebih tepat untuk orang yang body nya slim, tapi kita bertiga yakin sih apapun pakaian yang dikenakan para para kandidat adalah hal yang sudah didiskusikan tim pemenangan masing-masing. Paslon 02 tiba di lokasi dengan menggunakan kemeja putih dan tentunya pak Kyai dengan kostum handalannya sarung, and you know what guys ? pertama kalinya aku melihat iklan sarung saat acara debat hehe, biasanya iklan sarung muncul di televisi menjelang ramadhan hehe. Dari ilmu komunikasi maka Bang Charles sih bilang kalau mau debat itu sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman supaya mudah mengatur nafas dan intonasi bicara nantinya.

Penguasaan Tema

Untuk hal ini jelas Bang Charles menilai pemenangnya adalah Jokowi, sebagai petahanan beliau tentu sudah melakukan apapun wacana Program kerja yang disampaikan paslon 02. Let's say ketika Pak Prabowo komplain tentang ketidak adilan yang dia terima mengenai adanya laporan terhadap kepala daerah yang mendukung dia, dan Pak Jokowi langsung memukul mundur Paslon 02 dengan menunjukkan fakta bahwa sebagai negara hukum kalau memang ada masalah hukum sebaiknya dilaporkan bukan grasa grusu membuat konfrensi pers. Dan ketika tema terorisme akhirnya Pak Ma'ruf juga mengangkat suara dengan dalil yang jelas tentang terorisme, dan ketika para calon saling melempar pertanyaan maka pak Jokowi mampu menunjukkan ketidak sinkronan program paslon 02 mengenai kesetaraan hak wanita dimana tak satupun wanita ada dalam barisan pengurusan partai Gerindra, dan ternyata dalam hal korupsi Pak Prabowo pun seolah memberi celah untuk korupsi yang sewajarnya. Jelas dari hal ini penguasaan tema maka Jokowi  adalah pemenangnya.

Emosi Para Kandidat

Bang Charles menilai Jokowi dan Ma'ruf tetap tampil cool tanpa terburu-buru hanya saja menyayangkan banyak waktu yang terbuang dengan gaya bicara pak Presiden yang selow dan  Pak Ma'ruf yang dinilai masih mencari kenyamanan diatas panggung mengingat ini adalah pengalaman pertamanya. Sedangkan Prabowo sempat menunjukkan sedikit emosi lalu berusaha mencairkannya dengan sedikit berjoget yang disusul oleh Sandi dengan adegan memijat bagian pundak Prabowo.

Nah serukan nobar kami ini, daripada saling menghujat better kita melihat sisi lain dan ternyata dan menonton debat semalam secara enggak langsung aku sudah dapat banyak ilmu dari Bang Charles, yah siapa tahukan besok-besok aku harus mendebat mu hehe. Semoga rencana nobar debat berikutnya bisa terlaksana dengan lebih ramai sehingga diskusi akan semakin seru, sampai jumpa pada debat berikutnya !