Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Karyawan Kesayangan Boss

16 Februari 2016   12:31 Diperbarui: 16 Februari 2016   12:40 0 4 3 Mohon Tunggu...

[caption caption="Bus Bule Yang Pernah Mempertahankan Keberadaanku"][/caption]Yakin? Anda Karyawan Terbaik? 

Yup! So kenapa resign? Merasa tidak dipercaya lagi? Merasa tidak dihargai? Atau stuck pada level gaji tertentu? Well, mungkin harus di cek lagi guys! 

Aku pribadi baru 11 tahun bekerja dengan level jabatan yang itu-itu saja. Sementara teman-teman sebagian besar sudah berada pada level Manager UP, tapi apakah ada jaminan mereka lebih dibutuhkan perusahaan? TIDAk, itu jawabannya, terkadang kenaikan level itu sebuah keharusan dari sebuah periode, bisa dicapai tanpa prestasi. Beberapa perusahaan biasanya tidak mempunyai pilihan lain selain memberikan level tertentu hanya karena masa kerjanya saja.

Dan selama aku bekerja beberapa pengalamanku adalah bukti bahwa Perusahaan itu tak selalu membutuhkan karyawan terbaik. Terbaik itu korelasinya banyak, harus punya titel pendidikan tertentu, mempunyai prestasi dan berpengaruh terhadap perushaan. Tetapi tak sedikit pada akhirnya karyawan terbaik merasa tersisih, dan ketika itu terjadi akhirnya resign adalah pilihannya. 

Nah ketika anda mengajukan resign dan langsung disetujui atasan bahkan owner maka disinilah kuncinya apakah anda karyawan terbaik dibutuhkan or NOT ? Jelas kalau dilepas begitu saja maka anda tidak dibutuhkan lagi, tetapi jika anda dipanggil, ditanya, di ajak memikirkan kembali pengajuan resign anda so mulai atur posisi penawaran terbaik anda, selamat anda dibutuhkan perusahaan !! 

Itulah yang aku alami beberapa lama menjadi karyawan, meski level bukan manager tetapi ada beberapa kali aku dipertahankan perusahaan. Kira-kira apa saja alasan perusahaan mempertahankan karyawannya ? Cekidot guys :

  • Karyawan Yang Membuat Suasana Perusahaan Hidup : mungkin ini adalah alasan anda dipertahankan, bahasa gaulnya "gak ada lu gak rame". Bisa jadi anda Karyawan yang menyenangkan bagi semua departemen, beruntungnya Owner juga merasakan keberadaan anda. Hal ini yang aku rasakan ketika aku resign kemudian mantan bos menelpon "Li lu balik lagi dah, perusahaan sepi, semua sponsor ga mampir kemari lagi".
  • Karyawan Yang Membawa Hoki : Nah ini benaran kejadian , ada teman yang posisinya tidak dalam tahap memberikan keputusan tetapi ketika dia mengajukan resign maka owner langsung memanggil dan menanyakan apa yang harus perusahaan berikan agar dia tidak mengundurkan diri? Kesepakatan tercapai, karyawan hoki tersebut bersedia tetap berada disana dengan catatan dia masuk kerja hanya 3 hari dalam seminggu , how lucky right ? 
  • Karyawan Yang Smart : smart bukan hanya sekedar pintar pada satu bidang, dia bisa menguasai beberapa bidang dan menjadi ahlinya, kejadian juga nih dalam hidupku, bukan akulah haiii. Ada temanku juga kali ini sudah level manager , meski tubuhnya mungil tapi diakui memang sangat smart. Ketika godaan gaji lebih tinggi diluaran sana maka resign adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan nominal tersebut. Respon CEO nya ? Langsung meminta untuk stay, gaji akan diberikan sama seperti yang dia dapatkan ditempat baru "Ooo..Ooo ternyata keputusan tetap resign, deal akhir CEO memberikan pilihan "setelah 3 bulan anda masih saya tunggu, masuk kembali dengan semua fasilitas yang ada". Finally ternyata tempat baru meski gaji gede tak membuatnya nyaman, akhirnya CEO mendapatkan Karyawan yang dibutuhkannya.

[caption caption="Atau kamu merupakan satu-satunya Karyawan Nekad heheh"]

[/caption]

Aku sendiri beberapa kali resign ditolak, pas ditanya "sudah jangan berhenti kau, apa yang kau mau ? yah apalagikan awak mata duitan, naikkin gaji ajalah bos, dinaikin, trus pas mau resign lagi dikira sengaja mau minta naek gaji wkwkwk ya ujungnya tetap naek gaji lagi.. aku sih gak pintar, bukan juga karyawan terbaik, tapi kata mantan bos uli itu buat nyaman, mau disuruh kerja ini itu, trus bini-bini kita percaya ama dia secara wajah dia laki banget wakakakaka ketawalah bos-bosku itu, whatever bos yang penting sama-sama happy right ???

So tak penting apakah anda adalah karyawan terbaik tapi sudahkah anda menjadi karyawan yang dibutuhkan?

KONTEN MENARIK LAINNYA
x