Mohon tunggu...
Ulayya Farah Bittari
Ulayya Farah Bittari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Perkenalkan Strategi Digitalisasi Melalui Pengaplikasian dan Pengoptimalan Platform Digital Marketing

14 Agustus 2022   11:27 Diperbarui: 14 Agustus 2022   11:29 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Wirun, Sukoharjo (6/8) -- Seperti yang kita ketahui, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan sektor ekonomi dalam negeri, terutama bagi negara berkembang termasuk Indonesia. Tidak hanya itu, UMKM juga berperan dalam penciptaan lapangan kerja yang berimplikasi pada berkurangnya tingkat pengangguran. 

Munculnya pandemi Covid-19 telah menghambat keberjalanan aktivitas pada berbagai macam sektor, salah satunya adalah sektor perekonomian. Aktivitas ekonomi yang dilakukan secara konvensional paling merasakan dampaknya. 

Sebagai roda penggerak ekonomi dalam negeri, edukasi mengenai pengaplikasian dan pengoptimalan platform digital marketing sangatlah penting agar pemilik UMKM dapat menunjang bisnis para pemilik UMKM meskipun harus proses bangkit pasca pandemi Covid-19.

Mengingat pentingnya peran UMKM, Mahasiswa KKN UNDIP memperkenalkan strategi digitalisasi dengan memperkenalkan platform digital marketing seperti Google Maps dan sosial media kepada UMKM. Berdasarkan hasil wawancara, masyarakat dan pemilik UMKM lebih familiar pada platform sosial media daripada website dan e-commerce karena masih mengalami beberapa kendala untuk memahami interface platform tersebut sebagai seller. 

Oleh karena itu, kami memfokuskan untuk pengaplikasian dan pengoptimalan fitur platform digital marketing yaitu sosial media. Akibat kurangnya pengetahuan terhadap transformasi bisnis konvensional ke digital ini merupakan salah satu hambatan digitalisasi bagi UMKM. 

Namun, pemilik UMKM belum bersifat terbuka sepenuhnya dalam menerima informasi mengenai digitalisasi UMKM berbasis web dan e-commerce sehingga kami memfokuskan pada sosial media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat desa.

Pelaksanaan program edukasi ini diawali dengan penjelasan materi pengaplikasian dan pengoptimalan platform digital marketing yang terdiri dari pengantar mengenai gambaran umum platform hingga memberikan bimbingan tutorial pengaplikasian dan pengoptimalan pada setiap fitur marketing pada platform sosial media yang digunakan oleh pemilik UMKM yang paling banyak yaitu Facebook dan Instagram sebagai platform publikasi katalog dan pemasaran produk kepada konsumen, kemudian dilanjutkan dengan pemberian draft materi dan tutorial pengaplikasian fitur platform dan poster.

Dokpri
Dokpri

Harapannya, adaptasi UMKM terhadap ekonomi digital dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM meskipun aktivitas kegiatan jual-beli hanya dilakukan dari rumah karena pembatasan kontak fisik akibat pandemic Covid-19 yang belum sepenuhnya hilang. Tak hanya itu, pada salah satu subjek UMKM berbasis budaya yaitu Wayang Kertas Mbah Brambang juga diharapkan dengan diterapkannya digital marketing ini, jangkauan publikasi dan pemasaran Wayang Kertas ini lebih luas sehingga dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun