Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Kujadikan sampah sebagai teman, demi menggapai sebuah harapan

28 Januari 2022   08:33 Diperbarui: 28 Januari 2022   08:40 580
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ( Dok. Pribadi) 

Menjaga kebersihan lingkungan, utamanya mengelola sampah yang hingga kini masih menjadi bagian pekerjaan berat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak mudah untuk menumbuhkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, apalagi memilah jenis sampah sesuai manfaatnya.

Lalu apa yang dapat saya lakukan untuk sedikit berkontribusi tentang memulai pola hidup menjaga kebersihan lingkungan , disekitar tempat tinggal saja dulu, agar setidaknya dapat mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan oleh sampah itu sendiri.

Ada 4 Usaha yang  saya lakukan, untuk itu diantaranya :

Pertama

Menegur diri, dalam mengendalikan sebuah kebiasaan kecil. Seperti membuang sampah bekas bungkus  jajanan kedalam tempat sampah atau kalau tidak menemukan tempat sampah, saya akan menyimpan bungkus jajanan itu kedalam saku, dan itu saya lakukan secara terpaksa pada awalnya. Saya fikir tanpa adanya sedikit paksaan, saya akan terbiasa lalai dengan tindakan itu.

Kedua

Menumbuhkan sikap empati , terhadap dampak-dampak yang dapat ditimbulkan jika sampah tidak dikelola dengan baik, lalu bagaimana saya menumbuhkan rasa kepedulian itu, kembali pada hal yang pertama diatas.

Ketiga

Menjadikan sampah seperti halnya sebagai teman, dalam hal ini tentang sampah yang sering menyumbat selokan, apalagi rumah saya berdekatan dengan sungai, kalau bukan saya yang memulai untuk peduli, kerugiannya juga akan saya tanggung sendiri, untuk itu saya berusaha untuk menjaga kebersihan daerah aliran sungai agar tidak sampai tersumbat, dengan cara memungut sampah plastik untuk saya kumpulkan dan itu bisa menhasilkan uang, sementara sampah yang berupa daun akan saya pindahkan ke kebun sebagai pupuk tanaman.

Keempat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun