Mohon tunggu...
Tutut Setyorinie
Tutut Setyorinie Mohon Tunggu... penulis

A muslimah. Author. Novel Reader. Painter. Stargazer. And a public accountant in the future. Aamiin | @tututsety | Another stories https://t.co/JeGtQEOdDe

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Job Seeker, Inilah Situs yang Akan Membantumu Mencari Pekerjaan

29 September 2019   15:49 Diperbarui: 30 September 2019   21:34 0 20 8 Mohon Tunggu...
Job Seeker, Inilah Situs yang Akan Membantumu Mencari Pekerjaan
Ilustrasi Job Seeker | sumber: https://www.miscw.com

Bagi kamu yang telah melewati rangkaian kelulusan dan proses wisuda, pasti kamu akan berjibaku dengan dunia baru: ya, dunia para job seeker. Menjadi jobseeker ternyata tidak kalah pusing. Jika kamu berpikir menyusun skripsi adalah fase paling rumit dalam kehidupanmu, maka menjadi jobseeker adalah fase yang dua kali lipat lebih pusing dari pada skripsi.

Pasalnya, dalam menyusun skripsi semuanya sudah ada di depan mata. Tinggal bagaimana kamu mengerjakannya, dan seberapa sering kamu berkonsultasi dengan dosen pembimbingmu. Dalam dunia job seeker tidak ada hal yang pasti. Ketika kamu melamar di sebuah perusahaan, kamu tidak akan tahu apakah kamu diterima atau tidak. 

Walau kamu yakin sudah berusaha dengan sangat baik saat menjalani tes dan wawancara, kamu tetap tidak bisa menebak apakah kamu akan diterima. Karena dalam mencari pekerjaan, semuanya terlihat abu-abu. Seperti, kamu tidak bisa menebak seperti apa sainganmu, seperti apa orang yang diinginkan perusahaan, seperti apa bentuk terhebat

Namun juga jangan diambil pusing ya, di zaman serba internet ini sudah banyak lho situs yang menyediakan lowongan pekerjaan, bahkan memfasilitasi kamu dalam melamarnya. 

1. Jobstreet
Jobstreet memang sudah tidak diragukan lagi kepopuleran di kalangan pencari kerja. Seperti yang tertulis pada bionya, Jobstreet adalah situs penyedia informasi pekerjaan no. 1 di Indonesia. Woah, kebayang kan berapa banyak pencari kerja yang mantengin situs ini?

ilustrasi Jobstreet | sumber: jobstreet.co.id
ilustrasi Jobstreet | sumber: jobstreet.co.id
Bagi kamu yang ingin melihat lamaran di situs Jobstreet, kamu harus membuat akun terlebih dulu. Pertama-tama, kunjungi situs Jobstreet di sini. Seperti yang tertera pada gambar di atas, kamu tinggal mengisi kolom-kolom yang kosong pada situs ini. 

Kemudian kamu akan diarahkan pada profil dimana kamu bisa mengisi biodata, latar belakang pendidikan, dan pengalaman bekerjamu. Setelah itu, kamu dapat menggugah CV serta foto profilmu. 

Setelah semuanya selesai, kamu dapat langsung mencari lowongan yang cocok untukmu. Kamu bahkan bisa menetapkan kriteria-kriteria tertentu, seperti posisi, lokasi, spesialisasi, serta gaji minimum yang kamu inginkan.

Mencari lowongan pekerajan di Jobstreet | sumber: jobstreet.co.id
Mencari lowongan pekerajan di Jobstreet | sumber: jobstreet.co.id
Jika sudah ketemu, kamu bisa langsung melihat rincian tugas dan kriteria yang diinginkan perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan bahkan ada yang mencantumkan rentang gaji yang diberikan, jadi kamu bisa mempertimbangkan matang-matang sebelum melamar.

Kalau dirasa sudah angat klop, kamu bisa langsung klik "Lamar Sekarang" yang berada di ujung kanan bawah dari lowongan tersebut. Sekarang, kamu tinggal menunggu panggilan untuk ke tahap selanjutnya.

Menurut saya, Jobstreet menampilkan lowongan yang cukup lengkap dan cara pelamaran yang cukup mudah. Kita tidak perlu repot-repot untuk mengirim satu persatu surat lamaran kerja, CV, foto dan lainnya. Melainkan, langsung klik apply dan data kita sudah langsung terkirim

Kemudahan ini yang menjadi kelebihan sekaligus kekurangan dari situs Jobstreet. Kemudahan ini membuat orang berbondong-bondong mengklik apply. Bahkan di satu perusahaan kecil, jumlah pelamarnya bisa mencapai 1000 lebih. Hal ini membuat proses perekrutan cukup alot dan memakan waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x