Mohon tunggu...
Tulus Muliawan
Tulus Muliawan Mohon Tunggu...

https://instagram.com/travelusmuliawan

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Siapkan Tiga Benda Ini Sebelum Liburan di Borobudur

16 November 2015   15:39 Diperbarui: 16 November 2015   15:42 606 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Berfoto bersama di bagian tengah Borobudur. Sudut ini bisa menjadi alternatif jika tidak mendapat cukup ruang untuk berfoto di puncak Borobudur. Foto: Tulus Muliawan."][/caption]

Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Tengah. Tak heran kalau setiap akhir pekan tiba, candi yang terletak di Kabupaten Magelang itu selalu ramai dikunjungi wasatawan.

Selain ingin melihat bentuk candi, umumnya para wisatawan berkunjung untuk melakukan penelitian atau memperlajari sejarah Borobudur melalui papan-papan informasi maupun film dokumenter Borobudur.

Buat Anda yang berniat mengunjungi Borobudur akhir pekan ini, ada baiknya mempersiapkan segala perbekalan dengan baik. Berikut adalah tiga hal penting yang wajib dipersiapkan sebelum berkunjung ke Borobudur.

[caption caption="Para pengunjung melengkapi dirinya dengan payung untuk menghindari sengatan matahari di Borobudur. Foto: Tulus Muliawan."]

[/caption]

Payung

Payung menjadi barang utama yang wajib dibawa saat berkunjung ke Borobudur. Area Borobudur yang luas dengan sedikit pepohonan dan sengatan matahari membuat Anda akan cepat kepanasan. Nah, disinilah fungsi payung. Jangan sampai rencana mendaki Borobudur hingga ke puncak batal terwujud karena keburu kepanasan.

Kalau membawa payung dirasa berat dan merepotkan, Anda bisa menyewa payung di Borobudur. Hampir di seluruh area candi terdapat para petugas yang menyewakan payung-payung kepada pengunjung. Cukup membayar Rp 10.000 Anda bisa membawa payung itu keliling candi. Tapi jangan lupa dikembalikan ya!

[caption caption="Sebuah stupa duduk membelakangi pemandangan indah dari puncak Borobudur. Foto (Tulus Muliawan)"]

[/caption]

Air Minum

Selain payung, air minum menjadi hal penting yang tidak boleh sampai dilupakan saat berkunjung ke Borobudur. Sengatan matahari dan medan pendakian yang terjal membuat tubuh cepat dehidrasi dan kelelahan. Banyak-banyaklah mengonsumsi air mineral karena perjalanan menuju puncak Borobudur akan sangat melelahkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x