Mohon tunggu...
Aditya Arta
Aditya Arta Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Deja Vu

19 Maret 2017   20:54 Diperbarui: 16 April 2017   19:54 897 0 0 Mohon Tunggu...

Kring kring kring....alarm ku berbunyi dan waktu telah menunjuk angka 6. Sora terbangun dan langsung menuju ke kamar mandi. Setelah mandi, ia pergi ke dapur untuk mengambil jatah sarapannya. Disaat Sora makan sambil nonton tv, ada suara yang memanggilnya darl luar rumahnya.Ternyata suara itu berasal dari temannya yaitu Ino.

“eh Ino, ada apa no?” Tanya Sora
“Berenang di pantai yuk” jawab Ino
“okey tapi aku izin dulu, ya”
lalu Sora ke dapur untuk menemui ibunya,“Mah aku pergi berenang sama Ino di pantai ya? ”. Ibunya sentak menjawab, “Ya,tapi jangan lama-lama”. Sora pun pergi naik sepeda karena kebetulan pantainya dekat dengan rumahnya.

Saat dipantai Sora pun melepas bajunya dan segera berenang .
“Sor, lomba yuk! balapan renang sampai sana” Kata Ino. Sora menjawab, “oke, siapa takut”. Sora pun berenang dengan penuh tenaga tetapi Ino lebih cepat sehingga Ino lah yang menang.“Hore aku menang” , teriak Ino. “iyalah kamu kan les renang”, jawab Sora. Setelah berenang sampai lelah,Sora melihat kotak kecil berwarna hitam mengambang tapi itu bukan kotak biasa karena kotak itu bersinar biru.

Sora pun berenang sampai dekat dengan kotak itu dan mengambilnya. Sora masih penasaran apa isi dari kotak itu. Setelah ia seret ke daratan, kotak itu masih bersinar. Saat dibuka, ternyata isi dari kotak tersebut ialah jam tangan. Setelah ia buka, yang tadinya terang sekarang tidak terang lagi. “No liat nih, aku nemu kotak item isinya jam ” , kata Sora. “Wah berati itu rezeki lu, Sor” sahut Ino. saat jam menunjuk angka sebelas, Sora dan Ino pun pulang.

Sesampainya  di rumah, ia langsung memakai jam yang telah didapatkannya tadi, lalu mengutak-atiknya. “Hah? Apa ini ada tulisan back to ?” kata Sora dalam hati. Lalu ia berkata “mungkin ini alarm tapi pembuatnya salah ketik, set waktu jam 06.30 pagi ah” .Disaat ia menekan tombol set, ibu memanggil “Sor bangun Sor, dah pagi.” Sora pun menjawab,
“apa sih bu, aku kan dah bangun dari tadi,sekarang kan juga dah jam sebelas  siang”, balas Sora.
“kamu ngigau ya? sekarang masih jam setengah tujuh” kata ibunya. Sontak, Sora kaget dengan yang dikatakan ibunya.
“hah jam setengah tujuh ?, tadi kan jam sebelas. Apa jangan-jangan ini jam ajaib,ya? Oh ya, kan ada kertas kecil di kotak tadi ya” pikir Sora.
Sora pun  membaca kertas kecil tersebut yang bertuliskan:

“Hati-hati jangan salah pakai, Ini berpengaruh pada waktu . Ada 3 mode yaitu skip, back, stop
Skip to adalah melompati waktu
Back to adalah memundurkan waktu
Stop adalah menghentikan waktu

“Wow skip jam sebelas aja ah”, kata Sora. Sora pun menekan tombol set ke arah jam sebelas lagi. Lalu waktu berputar kearah jam sebelas seketika. Di hari Senin, jam pelajaran di lompati dengan keajaiban jam tersebut. Saat liburan sekolah, Sora pergi ke kampung selama 12 hari. disana, Sora bermain di sawah, memancing,memandikan kerbau,dan akhirnya ia merasa senang sekali.

Saat keluarganya ingin jalan-jalan, ibu Sora sedang memasak. Ia pergi dan lupa mematikan kompor di rumahnya. Sora pergi ke tempat renang dari jam 09.30 sampai 03.00 sore. Saat mereka pulang, orang-orang ramai dan ada asap tebal.
“yah kayaknya ada kebakaran” kata Sora.
“iya yah asapnya tebal tuh” sahut Oscar,adek Sora.
“sepertinya itu di dekat rumah kita deh” jawab ayah Sora.
“oh iya, ibu lupa matikan kompor tadi pagi” jawab ibu Sora.
“hah, ayo cepat kita pergi”Kata ayah Sora.

Rumah Sora pun hangus dimakan api, Namun, ia teringat dengan jamnya.ia memanggil adiknya.
“Car,sini!” panggil Sora.
“Apa kak?”
“Pegang tangan kakak, kita akan melompati waktu”
“Bagaimana caranya” Tanya Oscar.
“Kakak nemu jam ajaib di pantai”.Jawab Sora.
Sora menekan tombol set dan whusss , “kita kembali ke jam 8.45 pagi “,kata Sora. ”Car kita harus peringatkan ibu” . Mereka pun berkata “ bu sebelum pergi jangan lupa matiin kompor”. “oke makasih udah ingetin ya” akhirnya rumahnya tidak terbakar dan ia pergi berenang lagi sampai jam 3 sore.

Saat dirumah, Sora tidur dengan pulasnya. Ia tidur dari jam 7.35 malam sampai jam 7.05 pagi. Setelah ia terbangun, Sora segera membersihkan tubuhnya dan sarapan. Sehabis sarapan, ia pergi. “Bu aku pergi ke sungai, nangkep ikan sama Oscar yah“ kata Sora. “Ya, tapi jangan lama-lama ya”, jawab ibunya. Sora pun pergi bersama Oscar. ia menangkap ikan dan kepiting. “Car,itu ada kepiting gede banget,ambil sana!”, kata Sora sambil menunjuk kepiting itu. “oke” sahut Oscar.
Saat ingin mengambil, ternyata ada ular mengintai dan “aduh.. sakit huhuhu” Oscar menangis karena kakinya berdarah. “Car.. tenang Car, kakak mau memutar waktu biar ini gak terjadi” kata Sora dengan panik. Sora pun segera ke tepian untuk mengambil jam dan pergi ke rumah karena kebetulan rumahnya dekat darisungai itu. Saat di teras, Sora mengatur dan menekan tombol set.Dalam sekejap Sora kembali ke jam 7.15.Oscar masih nonton tv. Ia tidak mau hal itu terulang lagi. 

Keesokan harinya, ayah Sora kerja jam 08.40. Saat di jalan , ayah Sora menabrak kontainer. Ayah Sora terkena amnesia. “Car, bu , bagaimana  ayah terkena amnesia” kata Sora sambil sedih. “sabar ya Sor, semoga ayah bisa ingat kembali” kata ibu sambil menangis.Sora teringat dengan jamnya. Ia pergi ke rumah dan mengatur kembali ke jam 08.35. Ia menekan tombol set dan whuus .Sora kembali ke jam 08.35. ia menahan ayahnya dengan berpura-pura tidak tau bagaimana caranya mengerjakan soal matematika sehingga ayahnya tertahan 15 menit,lalu tidak terjadi hal itu. Sorabertanya-tanya mengapa hal itu bisa terjadi.Sora bermain game di halamamrumahnya ia bermain minion rush saat skor 98.927 tiba-tiba diam dan Sora menunggu 30 detik dan berkata  “kok gak bisa gerak sih?”.
Ia melihat semua benda yang ada di sekitarnya. Ternyata semua benda juga ikut diam seperti membeku bahkan kupu-kupu dan burung juga diam, Sora sangat bingung. Tiba-tiba ada cahaya dan ada seseorang di dalamnya. Ia mendekati Sora.
“Siapa kau” Tanya Sora.
“Saya pembuat jam itu” balas orang tersebut.
“Dari mana anda datang dan mau apa anda datang kesini?”
“Saya dari masa depan, saya professor pembuat jam itu, saya tahu ada kesalahan pada jam itu sehingga saya ingin perbaiki. Eee... malah jam itu tersedot ke portal laut masa sekarang”
“Kesalahan apa?” Sora semakin penasaran.
“Jam itu jika dipakai,orang yang ada di dekatnya bisa meninggal atau cacat”
“Ohhh pantas saja”
Sora segera memberikan jam itu kepada orang misterius.“saya tahu kamu anak baik , jadi ini sebagai hadiahnya” kata orang misterius sambil menyodorkan 2 kaca mata plastik berwarna merah  dan biru
“kaca mata apa ini, dan siapa namamu?” Tanya Sora
“ini kaca mata fantasy bisa mengubah dari penglihatan normal ke khayalan . ohya jika kau ingin tau siapa aku jawabanbya nanti jika pada waktunya kamu akan tau” kata orang misterius.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x