Mohon tunggu...
Try Gunawan Zebua (Trygu)
Try Gunawan Zebua (Trygu) Mohon Tunggu... Penulis

Try Gunawan Zebua dilahirkan di Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, pada tanggal 11 Juli 1994. Try Gunawan Zebua merupakan anak ke-3 dari 3 orang bersaudara, dari pasangan Ayah (Alm) Consthantin Theodali Zebua dan Ibu Rosmawati Telaumbanua. Try Gunawan Zebua memiliki nama pena sebagai Trygu. Riwayat Pendidikan: Taman Kanak-Kanak BNKP Hanna Blindow Gunungsitoli pada tahun 1998-2000, SD Swasta RK Mutiara Gunungsitoli pada Tahun 2000-2006, SMP Swasta Bunga Mawar Gunungsitoli pada Tahun 2006-2009, SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli pada Tahun 2009-2012, Jenjang D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Tahun 2012-2015. Pada awal tahun 2015 sempat kuliah dan diterima di Universitas Negeri Malang (UM) pada Jenjang S1 Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik. Tapi, karena tidak sanggup membayar uang kuliah, kuliah pada Jenjang S1 Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Gunungsitoli pada Tahun 2016-2020. Penulis aktif dalam berbagai kegiatan menulis, baik secara individu maupun bersama-sama. Buku karangan individu pertama berjudul Mencegah dan Mengatasi Stress dalam Belajar Matematika (Arieffka Media, 2020), dimana buku pertama ini telah diterbitkan untuk kedua kalinya oleh Anara Publishing (2020) akibat dari penerbit pertama yang tidak mau melakukan cetak untuk yang kedua kalinya. Buku kedua berjudul Masalah-Masalah dalam Belajar Matematika (Guepedia, 2020). Buku Antologi yang terbit ada banyak, baik itu puisi, cerpen maupun quotes. Buku itu berjudul Sepucuk Surat Untuk Imamku #2 (SIP Publishing, 2020), Menua Bersama (Penerbit Kalana, 2020), Dear Masa Lalu (Elsage Publisher, 2020), Filosofi Renjana (Guepedia, 2020), Keniscayaan Sebuah Perubahan (CV Multimedia Edukasi, 2020), dan beberapa buku antologi lainnya. Penulis dapat dihubungi melalui: SMS/Telepon/WA : 081360781116, Facebook : Try Gunawan Zebua, Instagram : Try Gunawan Zebua, Twitter : Try Gunawan Zebua Email : trygunawan@rocketmail.com/trygunawan529@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Apa Sajakah Masalah atau Hambatan dalam Menulis?

28 Maret 2021   14:07 Diperbarui: 28 Maret 2021   14:15 138 6 0 Mohon Tunggu...

MASALAH ATAU HAMBATAN DALAM MENULIS

Oleh: Try Gunawan Zebua

Masalah itu adalah ketidaksesuaian antara apa yang diharapkan dengan kenyataan yang terjadi. Masalah dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Masalah dapat dialami oleh siapapun tanpa terkecuali, entah yang kurus maupun gemuk, yang muda atau bahkan yang sudah tua, dan lain-lain sebagainya. Misalnya, dalam dunia bisnis kita ingin memperoleh penghasilan dalam bulan ini sebesar 23 juta, namun pada kenyataannya kita hanya mendapatkan 22 juta. Apakah itu masalah? 

Ya, masalah, dimana harapan kita mendapatkan 23 juta malah dapat 22 juta. Dimana kurang 1 juta dari target yang ditetapkan. Masalah seperti itu disebut sebagai masalah buruk atau bad problem. Masalah seperti ini kalau bisa dihindari oleh beberapa orang atau kebanyakkan orang, bahkan kalau bisa secepat mungkin hilang selamanya (terselesaikan).

Termasuk juga masalah jika dalam bulan ini kita mendapatkan 24 juta. Terlihat lebih 1 juta dari target 23 juta. Masalah seperti itu disebut sebagai masalah baik atau good problem, bahkan very good problem atau masalah sangat baik. Namun, masalah seperti ini dapat menimbulkan masalah yang bahkan bisa menjadi sangat besar. Itu bisa terjadi misalnya kita dalam kondisi mengantuk atau bahkan sakit, sehingga kita merasa mungkin ada kesalahan terhadap perhitungan yang telah kita lakukan. Hal tersebut dapat menyebabkan kita kembali menghitung, atau bahkan menghitung lagi dan lagi, sehingga kita dapat mengalami penyakit tertentu karena kurang tidur dan pusing.

Masalah dapat dialami dalam berbagai bidang kehidupan. Masalah dalam dunia Pendidikan disebut sebagai masalah Pendidikan, masalah dalam dunia ekonomi disebut sebagai masalah ekonomi, dan lain-lain sebagainya. Bahkan dalam dunia menulis ada masalah yang disebut sebagai masalah menulis. Dalam tulisan ini akan dipaparkan tentang apa saja yang menjadi masalah atau hambatan dalam menulis, biarpun bisa jadi bagi suatu orang tertentu bukan jadi masalah atau bahkan ada masalah yang lain. Masalah atau hambatan itu adalah:

1). Tidak ada keinginan untuk menulis yang pasti

Setiap hal itu pasti ada motif atau maksud dan tujuannya. Begitu juga dalam hal menulis, kita harus memiliki motif yang jelas dan pasti. Sehingga jika ada masalah sedikit, maka dapat diatasi dengan segera. Namun, jika sama sekali tidak memiliki motif yang jelas, maka saat menulis bisa terjadi naik dan turun.

2). Tidak ada dorongan dari luar

Dalam menulis itu kita terkadang membutuhkan dorongan dari luar diri kita sendiri. Entah itu sahabat, teman, atau bahkan keluarga. Mereka dapat membuat kita tambah semangat dan mau menulis lagi dan lagi. Namun jika tidak ada maka kita dapat menjadi tidak mau dalam menulis.

3). Tidak ada komunitas atau tidak bergabung pada komunitas menulis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN