Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

www.youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Edukasi Kebersihan Lingkungan Melalui Lomba Memilah Sampah

29 Agustus 2021   21:36 Diperbarui: 29 Agustus 2021   21:51 75 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penulis (kiri) berfoto dengan para juara dan panitia Lomba Memilah Sampah Menabung Emas 2021 Purwokerto. | Dokpri


Bertambahnya jumlah penduduk disertai meningkatnya aktivitas di berbagai sektor tentu menghasilkan sampah. Ketika sampah kian banyak dan tidak lagi seusai dengan kapasitas dan kompetensi pengelolaan sampah maka yang terjadi adalah timbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir.

Jenis sampah organik yang kian banyak dapat menimbulkan aroma tidak sedap, mengganggu kesehatan dan menurunkan kualitas lingkungan hidup masyarakat di sekitarnya. Sementara itu volume sampah anorganik seperti plastik dan limbah kimiia yang kian banyak bahkan juga menimbulkan risiko pencemaran lingkungan dengan akibat yang lebih parah.

Di tengah segala keterbatasan pada suasana pandemi seperti sekarang ini PT Pegadaian (Persero) bekerja sama dengan masyarakat melalui bank sampah di seluruh Indonesia terus aktif melakukan edukasi khususnya dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat di bidang kebersihan lingkungan yang juga sekaligus disertai pemberdayaan ekonomi.

Untuk area Purwokerto, PT Pegadaian (Persero) bekerja sama dengan Bank Sampah Srayan Makarya menyelenggarakan Lomba Memilah Sampah Menabung Emas 2021. Kegiatan ini diikuti warga yang tercatat sebagai nasabah bank sampah dengan syarat bukan pengepul sampah.

Kegiatan lomba berlangsung sejak awal Juli lalu, sekaligus untuk menyemarakkan suasana perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Dan akhirnya setelah empat pekan lamanya juri pun menetapkan para juara yang berhak memperoleh hadiah lomba untuk kategori akumulasi sampah terbanyak dan kategori akumulasi saldo tabungan emas tertinggi.

Siti Soliah warga Kelurahan Bobosan berhasil mencapai akumulasi  sampah terbanyak dan menjadi Juara Kesatu dengan hadiah senilai Rp 2 juta. Ia juga meraih predikat sebagai Juara Kesatu untuk kategori akumulasi saldo tabungan emas tertinggi dan berhak mendapatkan tambahan hadiah senilai Rp 2 juta.

Pada urutan kedua adalah Dea Arsa yang berhasil menjadi Juara Kedua untuk kategori akumulasi sampah terbanyak dan berhak memperoleh hadiah senilai Rp 1 juta. Ia juga sekaligus memperoleh hadiah lagi senilai Rp 1 juta untuk akumulasi saldo tabungan emas tertinggi kedua.

Seorang warga lainnya yaitu Siti Mu'minah berhasil menjadi Juara Ketiga untuk kategori akumulasi saldo tabungan emas tertinggi ketiga dan berhak memperoleh hadiah senilai Rp 500 ribu. Siti Mu'minah juga sekaligus menjadi juara ketiga untuk kategori akumulasi sampah terbanyak ketiga dan berhak mendapatkan hadiah lagi senilai Rp 500 ribu.

Penyerahan hadiah untuk para juara Lomba Memilah Sampah Menabung Emas 2021 Pegadaian Area Purwokerto ini telah dilaksanakan beberapa hari lalu bertempat di Bank Sampah Srayan Makarya Jl. G. Wilis Purwokerto Barat.

Kegiatan tersebut diadakan secara sederhana dengan tertib pelaksanaan protokol kesehatan. Hadir panitia lomba dan sejumlah karyawan PT Pegadaian Area Purwokerto untuk hadir menyerahkan secara simbolis hadiah lomba kepada para juara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan