Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

Subscribe ya dan like channel YouTube punyaku youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Banyak Titik Pemeriksaan di Purwokerto, Jangan Lupa Memakai Masker

7 Juli 2020   10:44 Diperbarui: 8 Juli 2020   04:36 141 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Titik pemeriksaan (check-point)  digunakan untuk mengingatkan warga yang tidak tertib menggunakan masker. | Dokpri

Warga masyarakat di Purwokerto Kabupaten Banyumas kini diminta untuk lebih berhati-hati lagi, karena wabah Corona Virus Disease (Covid-19) itu masih harus diwaspadai.

Kegiatan berkerumun hendaknya dihindari. Tetap harus mengindahkan ketentuan protokol kesehatan sebagaimana sudah ditentukan dengan antara lain menjaga jarak dan menggunakan masker pada saat beraktivitas di luar rumah.

Kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 ditingkatkan sehubungan telah terjadi penambahan lagi jumlah pasien Covid-19 pada hari Minggu kemarin, yang semua pasien baru itu adalah orang tanpa gejala. Sehingga berdasarkan data pantauan melalui halaman website covid19.banyumaskab.go.id, per 6 Juli 2020 jumlah pasien positif yang dirawat ada 14 orang, 67 sembuh, dan 4 meninggal dari total positif 85 orang.

Untuk itu, seperti dilaporkan oleh media setempat Radar Banyumas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas, Agus Nur Hadie mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti laporan tentang masih banyaknya orang berkerumun di beberapa tempat, utamanya untuk lokasi di sekitar Alun-alun kota Purwokerto (6/7/2020).

Kawasan alun-alun kota Purwokerto akhir-akhir ini memang mulai diramaikan oleh warga masyarakat, khususnya para pesepeda. Mereka biasanya berkumpul di Alun-alun dan tidak memperhatikan protokol kesehatan menjaga jarak. 

Video yang direkam pada 1 Juli 2020 berikut ini memperlihatkan suasana Alun-alun kota Purwokerto yang ketika itu diramaikan oleh para pesepeda.


Sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran wabah Covid-19, Dinas perhubungan akan lebih ketat dalam melakukan penyekatan jalan menuju lokasi dimana banyak orang biasanya berkerumun, dan yang berpotensi dapat meningkatkan risiko penyebaran virus. 

"Mulai dari perempatan Palma, Sawangan... Pokoknya menuju akses ke Alun-alun akan ditutup mulai pukul 20.00 hingga pagi hari. Dan di Alun-alun akan dilakukan operasi agar tidak ada kerumunan," tambah Agus Nur Hadie.


Penularan Covid-19 Dimungkinkan melalui Butiran Lepas dari Batuk dan Bersin

Kekhawatiran terhadap penyebaran virus Covid-19 itu tidak berlebihan. Seperti dilansir oleh New York Times  (4/7/2020), sebanyak 239 ilmuwan dari 32 negara telah melaporkan melalui surat terbuka kepada WHO yang menyebutkan adanya bukti bahwa tidak semua butiran lepas (droplet) dari batuk dan bersin itu langsung jatuh ke lantai. Beberapa partikel kecil dari butiran lepas ini melayang di sekitarnya dan berpotensi menjadi menularkan. Para ahli tersebut juga mengatakan bahwa mereka akan segera merilis publikasi ilmiah mengenai hal ini pada minggu depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan