Mohon tunggu...
Dwi Setya Ningrum
Dwi Setya Ningrum Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Mahasiswa IPB University

Hallo, saya Dwi Setya Ningrum. Saya akrab disapa Dwi. Saya adalah seorang mahasiswa dari salah satu kampus terbaik bangsa, IPB University. Selain sebagai mahasiswa, saya kerap mengikuti berbagai kegiatan seperti mengajar, lomba, dan pelatihan kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Jangan Lupa Bersih-Bersih!

7 Maret 2024   19:55 Diperbarui: 7 Maret 2024   20:02 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Menjaga kebersihan lingkungan adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap individu. Bersih-bersih tidak hanya mencakup membersihkan rumah atau tempat kerja, tetapi juga mencakup menjaga kebersihan di tempat umum seperti taman, jalan, dan pantai. Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya untuk kesehatan individu tetapi juga untuk kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

Salah satu alasan utama mengapa menjaga kebersihan lingkungan penting adalah untuk mencegah penyebaran penyakit. Lingkungan yang kotor dan tidak terjaga dapat menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri, virus, dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare, demam, dan infeksi kulit. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, risiko penularan penyakit dapat dikurangi secara signifikan.

Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan juga berdampak positif pada kelestarian alam. Sampah-sampah plastik dan limbah lainnya dapat mencemari tanah, air, dan udara, mengancam keberlangsungan hidup flora dan fauna di sekitar kita. Dengan membuang sampah pada tempatnya dan mendaur ulang material yang dapat didaur ulang, kita dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan mencegah terjadinya polusi.

Menjaga kebersihan lingkungan juga menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan estetis. Tempat yang bersih dan teratur akan memberikan kesan yang positif bagi siapa pun yang melihatnya. Selain itu, lingkungan yang bersih juga menciptakan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya, karena tidak ada ancaman dari sampah atau benda-benda berbahaya lainnya.

Tidak hanya itu, kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan juga membantu dalam menciptakan budaya peduli lingkungan yang lebih baik di masyarakat. Melalui edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan, kita dapat membangun kesadaran kolektif untuk merawat dan melestarikan lingkungan alam kita.

Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan, setiap individu memiliki peran penting. Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dan mendaur ulang material yang dapat didaur ulang. Dengan melakukan langkah-langkah ini, kita dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan dunia yang lebih bersih, sehat, dan lestari untuk generasi mendatang.

Berikut adalah beberapa dampak positif yang dapat dirasakan dari kegiatan bersih-bersih:

Kesehatan yang lebih baik: Membersihkan lingkungan dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit. Dengan menjaga kebersihan di sekitar kita, kita dapat mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan parasit yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Lingkungan yang bersih juga membantu menjaga kesehatan pernapasan dan mengurangi risiko terkena alergi dan infeksi.

Peningkatan kesejahteraan mental: Lingkungan yang bersih dan teratur dapat menciptakan rasa kenyamanan dan ketenangan bagi individu. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa lingkungan yang bersih dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Pembentukan budaya peduli lingkungan: Melalui kegiatan bersih-bersih, individu dapat membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini dapat membentuk budaya peduli lingkungan di masyarakat dan mendorong orang untuk bertindak secara bertanggung jawab terhadap lingkungan tempat tinggal mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun