Travel

Candi Ngawen, Alternatif Wisata di Selatan Muntilan

6 Desember 2018   19:43 Diperbarui: 6 Desember 2018   20:16 137 1 0
Candi Ngawen, Alternatif Wisata di Selatan Muntilan
dokumentasi pribadi

Jika Anda berwisata ke daerah Yogyakarta, Magelang, Borobudur, dan sekitarnya, Anda akan melewati kota kecil Muntilan. Kota Muntilan ini terkenal karena ciri khas makanan seperti tape ketan, slondok, kue mangkok, dll. Menu makanan seperti mie godog, soto ayam, kupat tahu, nasi goreng, tongseng, mangut lele, mangut wader juga menjadi daya tarik yang menonjol bagi penyuka makan. Hal makanan, jangan ditanya lagi enaknya. Sebagai contoh, penjual mie godog di kota ini ada sekitar 180-an, anehnya semua laku keras. 

Mereka yang datang pun dari luar kota, utamanya dari Yogyakarta. Mengenai rasa, dijamin enak, dan yang tak boleh dilupakan adalah cara memasak yang benar-benar dijiwai. Cara memasak benar-benar dihayati, bukan sekadar memenuhi perut kenyang, melainkan bumbu benar-benar diperhatikan. Istilah yang biasa disebut adalah "menang bumbu, wani bumbu." 

Itu baru tentang aneka makanan yang memang sangat menyenangkan untuk jajan di sana. Belum lagi suasana religi yang turut melengkapi kota ini seperti tempat ziarah Watu Congol, juga ada Sekolah Van Lith yang dulu terkenal dengan Sekolah Pendidikan Guru itu.

Namun itu belum lengkap jika Anda belum mampir sejenak ke selatan kota Muntilan menengok Candi Ngawen. Di sekitar candi ini juga Anda dapat meluangkan waktu untuk olahraga arung jeram dan berkemah di bumi perkemahan Ngawen. Untuk masuk ke area candi pun tidak perlu merogoh kocek yang mahal. 

Suasana pedesaan dan persawahan yang sejuk dan tak hiruk pikuk membuat hati pengunjung merasa tenteram dan damai. Setiap jengkal perjalanan di sekitar candi Ngawen ini membawa pengunjung pada hati yang luruh dalam kesahajaan hidup-menyatu dengan alam karunia Sang Pencipta.

Candi Ngawen berjarak sekitar empat (4) kilometer dari Muntilan Anda dapat  naik delman dari sekitar Pasar Muntilan. Anda hanya perlu waktu sebentar untuk sampai ke lokasi. Perjalanan bisa dimulai dari Muntilan menuju ke jalan arah Gunung Pring, lalu dilanjutkan ke Desa Ngawen tersebut. Serba murah adalah kesan yang juga mewarnai wisata Candi Ngawen dan Muntilan dengan aneka makanan itu.

Jadi, mampirlah ke Muntilan dan sekitarnya.