Mohon tunggu...
Jujun Junaedi
Jujun Junaedi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis dan Pendidik dari Bandung

Belajar 31.03.24

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Destinasi Wisata Air di Sepanjang Jalur Selatan Jabar, Cocok untuk Liburan Lebaran

8 April 2024   17:44 Diperbarui: 8 April 2024   17:54 590
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Destinasi Wisata Air di Jawa Barat (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Jawa Barat adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terkenal dengan beragam objek wisata yang unik dan menarik. Diantara destinasi wisata banyak berada di jalur selatan Jawa Barat, mulai Bandung, Garut, Ciamis, Pangandaran.

Di jalur selatan Jawa Barat ini banyak terdapat destinasi wisata, selain menawarkan panorama alam pegunungan juga menyuguhkan objek wisata air alami dan buatan yang menarik dan cocok untuk keluarga di saat liburan lebaran.

Destinasi wisata air merupakan jenis wisata yang rata-rata disukai masyarakat Indonesia.  Karena wisata air erat hubungan dengan nuansa alam yang unik menarik bermain air, bisa berenang, berlayar, bermain perahu dan sejenisnya. Wisata air, juga memberikan manfaat lebih. Salah satunya untuk kesehatan.

Berikut destinasi wisata air yang ada di jalur Selatan Jawa Barat yang pernah penulis kunjungi, mulai Bandung hingga Pangandaran yang cocok untuk keluarga di saat liburan lebaran.

1. Curug Cinulang 
Curug Cinulang adalah destinasi air tawar alami terletak di Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Curug Cinulang berbatasan antara Cicalengka, Kabupaten Bandung di sebelah Selatan dan Cimanggung, Kabupaten Sumedang di Utara. Dari alun-alun Cicalengka kurang lebih 7 km  ke arah Utara melalui Desa Dampit dan Tanjungwangi.

Curug Cinulang menyuguhkan panorama indah air terjun yang jernih setinggi kurang lebih 50-60 meter di tengah hutan. Air yang bersih, bisa dipakai untuk basah-basahan para pengunjung. Di bawah air terjun ada cukang/jembatan dari bambu yang membuat curug Cinulang lebih manarik untuk berselfi ria.

Tiket masuk berkisar Rp 3.000 - 10.000/orang.

2. Situ Bagendit
 
Situ Bagendit merupakan tempat wisata alam berupa danau air tawar yang terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Para pengunjung bisa berwisata air dengan memakai perahu sampan dan angsa yang disediakan oleh tempat penyewaan.

Di Situ Bagendit juga disediakan spot atau sarana untuk berselfi sendiri dan keluarga. Di sekitar area Situ Bagendit terdapat berbagai pedagang yang menjual aneka cendra mata khas Garut dan Bagendit.

Tiket masuk lokasi berkisar Rp 5.000 - 20.000/orang. Sewa perahu angsa /perahu sampan Rp 25.000-35.000 /unit.

3. Cipanas Garut
Objek wisata Cipanas Garut terletak di Desa Camanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun