Mohon tunggu...
Trian Ferianto
Trian Ferianto Mohon Tunggu... Blogger

Menulis untuk Bahagia. Penikmat buku, kopi, dan kehidupan. Senang hidup nomaden: saat ini sudah tinggal di 7 kota, merapah di 5 negara. Running my blog at pinterim.com

Selanjutnya

Tutup

Digital

Canva, Teknik Mudah Mendesain Infografis dan Segala Kebutuhan

12 Agustus 2019   17:17 Diperbarui: 12 Agustus 2019   20:37 0 0 0 Mohon Tunggu...
Canva, Teknik Mudah Mendesain Infografis dan Segala Kebutuhan
Post Cover ini juga dibuat dengan Canva.com. Dokumentasi pribadi.

Di era sosial media seperti sekarang ini, perkara pencitraan menjadi salah satu faktor penting. Hampir semua kebutuhan kita sekarang menuntut tampilan menawan agar dapat menonjol di tengah keramaian informasi yang beredar silih berganti. Tampilan cantik nan menawan ini setidaknya dapat menjadikan konten kita menarik perhatian.

Namun bagaimana jika kita tidak ahli dalam mendesain?

Permasalahan ini di tangkap dengan baik oleh pengembang cloud software bernama canva. Dengan canva, permasalahan banyak orang yang gagap mendesain, kini dimungkinkan untuk membuat aneka ragam kebutuhan grafis menawan dengan mudah dan cepat, sekaligus gratis!

Konsep kerja canva seperti ini: Canva menyediakan ratusan hingga ribuan template siap pakai yang telah dibuat oleh tim designer mereka untuk dapat kita edit sesuka hati dan sesuai keperluan kita. Jika sudah puas dengan hasilnya, kita dapat mendownload hasil olah grafis tersebut dalam format jpeg, png, atau pdf. Hasil ini kemudian bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan desain kita.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda tinggal mendaftar atau login ke layanan web canva.com dan mengklik create a design di kiri pojok atas tampilan layar Anda. Di sana kemudian disuguhkan beragam kategori desain yang kita butuhkan, mulai dari kartu pos, desain presentasi, flyer, cover buku, cover majalah, info grafis, hingga brosur.

Tangkapan layar dashboard canva | Olah pribadi
Tangkapan layar dashboard canva | Olah pribadi

Setelah Anda pilih salah satu kategori, maka pilihan beragam desain muncul untuk kita tentukan akan mengedit template yang mana. Dalam hal ini saya memilih template infografis.

Setelah Anda pilih, silakan klik di bagian elemen-elemen template yang ada. Kita bisa mengedit teks, icon, gambar, atau foto sesuai dengan kebutuhan kita.

infographic-cara-mudah-membiasakan-membaca-2019-08-12-16-47-13-5d5139cc097f36660e18c4e2.jpg
infographic-cara-mudah-membiasakan-membaca-2019-08-12-16-47-13-5d5139cc097f36660e18c4e2.jpg
Canva juga menyediakan 'bank elements' grafis yang bisa kita pilih untuk di padu padankan agar makin ciamik.

Setelah selesai, jangan lupa download dan pilih format file yang kita inginkan.

Selesai deh. Grafis ini bisa kita gunakan untuk beragam keperluan kita dalam bersosial media. Bahkan kita bisa gunakan untuk keperluan offline dengan membawanya ke tukang printing langganan kita.

Kita dapat memanfaatkan layanan ini untuk mempercantik cover picture setiap tulisan kita di kompasiana agar lebih menarik perhatian dengan harapan mendapatkan banyak pembaca. Kita juga dapat membuat cover belakang profil kompasiana kita dengan layanan ini, cukup gunakan custom dimensions di bagian create a design dan masukkan ukuran 1100 x 225 pixel dan pilih template yang disajikan untuk kita edit sesuka hati.

Mudah dan murah bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN