Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

"Scenic Train" di Eropa, Kereta-Kereta dengan Jalur Menakjubkan

16 September 2021   11:05 Diperbarui: 17 September 2021   04:00 993 80 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
"Scenic Train" di Eropa, Kereta-Kereta dengan Jalur Menakjubkan
Bernina Express melewati Landwasser Viaduct. Sumber: Pixabay.com/Rahim Allam

Sejak kereta api pertama ditemukan di dunia, industri kereta api terus melaju kencang. Tidak lagi sekedar transportasi darat biasa. Dari waktu ke waktu makin cepat bak jet darat. Kecepatan awal yang hanya sekitar 16 km/ jam, kini melesat lebih dari 500 km/jam. Namun, tidak semuanya demikian. Sebagian kereta masih bergerak pelan seperti dulu. Seakan tidak mau melewatkan setiap panorama indah yang dilewatinya.

Itulah Scenic Train atau juga disebut Panoramic Train. Jenis kereta api yang memang disediakan khusus untuk menikmati panorama indah sepanjang perjalanan. Dan jalur kereta yang dilewatinya pun sangat menakjubkan. Beberapa di antaranya bahkan sudah ditetapkan sebagai "UNESCO World Heritage Site".  

Di Skotlandia, negeri para Highlanders, nama West Highland Line sudah sama terkenal seperti kastil-kastil cantik yang bertebaran di wilayah utara Britania Raya itu.

Kereta uap West Highland melintas di Glenfinnan Viaduct- Skotlandia. Sumber: de Benutzer Nicholas17
Kereta uap West Highland melintas di Glenfinnan Viaduct- Skotlandia. Sumber: de Benutzer Nicholas17
Kereta api West Highland memiliki salah satu rute perjalanan kereta paling mengagumkan di Eropa, khususnya antara Fort William ke Mallaig. Betapa tidak, dalam durasi sekitar 90 menit itu, penumpang akan diajak melewati banyak pemandangan memesona khas Skotlandia.

Dari kawasan dataran tinggi nan terjal, loch (danau) terpencil, pemandangan spektakuler dari viaduct di Glenfinnan sampai wilayah pasir putih di Morar. Kereta api uap ini kian terkenal setelah muncul sebagai "Hogwarts Express" dalam film Harry Potter. Sudah pernah menontonnya, bukan?

Di Norwegia, lain lagi keretanya. Meskipun dengan rute lebih pendek, Flam Railway (Flamsbana) pun tidak kalah menarik. Rute kereta ini ikut disebut-sebut sebagai salah satu perjalanan kereta terbaik di dunia. Well, setidaknya di wilayah Skandinavia.

Flam Railway. Sumber: www.norwaysbest.com
Flam Railway. Sumber: www.norwaysbest.com
Kereta wisata ini mengawali perjalanan dari ujung Aurlandsfjord di Flam menuju stasiun Myrdal di kawasan pegunungan. Dengan kata lain, kereta ini menanjak dari sekitar ketinggian permukaan laut ke ketinggian 867 meter di atas permukaan laut. Jangan lupa, Aurlandsfjord, titik berangkat kereta ini, adalah sebuah fjord yang sangat menawan.

Yang menarik, dalam perjalanan yang umumnya diikuti grup turis itu, kereta ini akan berhenti sekitar 5 menit di Kjosfossen Falls, salah satu air terjun populer di Norwegia. Di sini penumpang diberikan kesempatan untuk memotret. Tentu saja harus sedikit bergegas. Jangan sampai ditinggalkan kereta. :)

Dalam hal perjalanan kereta api dengan jalur keren, Norwegia punya saingan berat dari Swiss. Negara pembuat jam tangan ternama ini bahkan memiliki beberapa kereta legendaris dengan rute spektakuler. Dua nama di antaranya bahkan menjulang tinggi di pentas pariwisata global, yakni Glacier Express dan Bernina Express.

Glacier Express- Swiss. Sumber: www.railbookers.com
Glacier Express- Swiss. Sumber: www.railbookers.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan