Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Washington DC, "Ibu Kota" Politik Dunia

6 November 2020   09:28 Diperbarui: 8 November 2020   04:45 886 86 30 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Washington DC, "Ibu Kota" Politik Dunia
Monumen Washington & Jefferson Memorial. Sumber: koleksi pribadi

Negara adikuasa Amerika Serikat (AS) kini tengah menjadi pusat pemberitaan media. Sejak Selasa lalu, berita Pemilihan Presiden begitu menyita perhatian dunia. Dan Washington, DC, ibu kota negara dan pusat pemerintahan federal AS berada, pun mendadak menjadi destinasi wisata politik yang sangat menarik.

Semua jurnalis, politisi, hingga ekonom dari berbagai penjuru dunia ikut mengarahkan pandangan ke hasil perhitungan Electoral College yang masih bisa saja berubah. Seakan hasil akhir pertarungan ini ikut menentukan nasib dunia, baik dari aspek politik maupun ekonomi.

Perhelatan "US Election 2020" harus diakui mampu menutupi berita-berita dunia lainnya. Bahkan warga negara AS pun seakan melupakan sejenak terus merebaknya covid-19 di negara mereka.

Dan kini dunia pun menanti, siapa yang akan dilantik di Januari nanti dan menjadi penghuni Gedung Putih. Donald Trump dari Partai Republik atau Joe Biden dari Partai Demokrat.

Kota Washington DC, sebagai ibukota AS, sudah pasti mendapat perhatian ekstra dibandingkan semua kota lainnya dari 50 negara bagian yang ada. Tidak mengherankan, di distrik federal inilah, yang bukan menjadi bagian dari negara bagian AS manapun, ketiga cabang pemerintahan federal AS berada. Legislatif (Kongres AS - US Capitol), Eksekutif (White House) dan Yudikatif (Supreme Court of US).

Seperti layaknya sebuah pesta yang bakal digelar, Washington DC akan kian sibuk menyambut pengunjung dari seluruh dunia di hari-hari ini hingga pelantikan Presiden pada 20 Januari 2021 mendatang. Tiga bandara yang berada di Washington DC dan sekitarnya bakal lebih riuh dari biasanya. Begitupun hotel-hotel yang tersebar di seluruh penjuru metropolitan.

Seperti kita ketahui, ibukota AS ini dilayani oleh tiga bandara internasional, yakni Ronald Reagan Washington National Airport, Dulles International Airport dan Baltimore Washington International Airport. 

Selain akses via bandara, Washington DC juga dapat dicapai dengan mudah dengan kereta api cepat Amtrak Acela Express dari New York, kota terbesar di pantai timur AS. Penulis sendiri pernah mengunjungi kota ini dengan bus wisata dari New York. Rute perjalanannya, New York -- Philadelphia -- Washington DC. Suatu perjalanan sejauh 364 km atau hanya sekitar 4 - 5 jam.

Gedung Capitol, Washington DC. Sumber: Martin Falbisoner / wikimedia
Gedung Capitol, Washington DC. Sumber: Martin Falbisoner / wikimedia
Washington D.C., yang secara resmi disebut "District of Columbia" atau "D.C." saja, adalah ibukota negara AS yang dibangun setelah Revolusi Amerika. Namun, sebelum terlanjur keliru, Washington DC berbeda dengan "Washington" lainnya di Pantai Barat AS, yang merupakan sebuah negara bagian dengan ibukota Olympia. O ya, Denzel Washington juga sudah pasti berbeda. Yang terakhir ini adalah aktor film terkenal. Hahaha.

Agak berbeda dengan banyak ibukota negara lainnya di dunia, Washington DC, adalah sebuah kota baru yang khusus dibangun sebagai ibukota. Alkisah, setelah pengesahan U.U. Pemukiman (Residence Act) tanggal 16 Juli 1790 oleh Kongres, yang menyetujui pembentukan distrik khusus sebagai ibukota nasional permanen, kota Washington DC pun mulai dibangun di sepanjang Sungai Potomac.

Adalah negara bagian Maryland dan Virginia yang masing-masing menyumbang sebagian wilayahnya untuk distrik federal ini, yang juga meliputi dua pemukiman yang sudah ada sebelumnya, yakni Georgetown dan Alexandria. Tetapi, Kongres kemudian mengembalikan bagian yang sebelumnya sudah diserahkan Virginia, termasuk Alexandria.

Desain Tata Kota yg Menarik. Sumber: koleksi pribadi
Desain Tata Kota yg Menarik. Sumber: koleksi pribadi
Sebagai sebuah kota yang memang direncanakan sejak awal, Washington DC dibangun berdasarkan desain yang dirancang oleh Pierre Charles L'Enfant, seorang arsitek dan perancang tata kota asal Prancis. Sang arsitek, yang ditunjuk langsung oleh Presiden George Washington, membangun kota indah ini berdasarkan gaya kota-kota di Eropa barat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x