Mohon tunggu...
TOG INDONESIA
TOG INDONESIA Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Karir

7 Tips Menghemat Gaji Bulanan bagi Karyawan Kantor

12 November 2018   14:28 Diperbarui: 12 November 2018   15:11 0 0 1 Mohon Tunggu...
7 Tips Menghemat Gaji Bulanan bagi Karyawan Kantor
tog indonesia

Happy Monday sobat TOG, Menjadi karyawan di perusahaan tertentu merupakan suatu hal yang membanggakan bagi setiap orang. Anda pun akan menerima gaji bulanan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, ternyata banyak sekali karyawan yang masih belum bisa mengelola uang dengan baik sehingga mengalami kebingungan di akhir bulan.

Salah satu kunci yang paling jitu agar Anda tidak merasa sengsara di akhir bulan adalah dengan cara menghemat uang belanja bulanan. Teori saja memang terdengar mudah yang sulit adalah cara kita menjalankannya. Namun, Anda juga tidak boleh menyerah begitu saja demi kesejahteraan hidup di masa yang akan datang.

Sifat dasar manusia yang tak pernah puas agaknya ikut mengambil peran, karena berapa pun besaran gaji yang diterima seakan tidak akan pernah cukup. Semakin besar gaji, semakin besar pula pengeluaran. Lantas, bagaimana menyiasati agar pengalokasian gaji tidak mengakibatkan defisit anggaran?

Mungkin Anda bingung bagaimana tips menghemat gaji bulanan, berikut 7 tips menghemat uang bulanan yang dapat Anda lakukan mulai hari ini.

1. Mulai membuat anggaran bulanan

Mulailah untuk membuat anggaran bulanan Anda. Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, disinilah Anda harus benar-benar pintar dalam mengatur kebutuhan apa yang memang sangat diperlukan dan kebutuhan apa yang tidak terlalu dibutuhkan.

Buatlah anggaran bulanan dengan membaginya menjadi dua kelompok yaitu kebutuhan primer seperti makanan, ongkos untuk bekerja, tagihan listrik, tagihan air, tagihan kendaraan, cicilan rumah, dan lain sebagainya dan juga kebutuhan tersier seperti shopping, hang out, travelling, dan lain masih banyak lagi yang lainnya.

2. Menabung

Sebagai seorang karyawan tentu saja Anda harus hidup hemat agar tidak sengsara dikemudian hari. Hidup hemat bisa diawali dengan cara menyisihkan gaji Anda untuk ditabungkan. Ya, cara menghemat uang belanja bulanan ini terbukti efektif untuk menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Menabung tidak harus banyak-banyak yang penting Anda rajin dan tertib menyisihkan uang setiap bulannya yaitu sehabis Anda menerima gaji. Yuk, budayakan hidup hemat dengan cara menabung dan mulai lakukan investasi pada gaji bulanan Anda

3. Segera bayar tagihan tidak perlu menunda

Catatlah segala tagihan yang Anda miliki saat ini karena itu merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai Anda lupa untuk membayar tagihan dan akhirnya Anda yang akan terkena masalah.

Alangkah lebih baik jika Anda membayar semua tagihan pada awal bulan saat baru saja menerima gaji. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari lupa membayar tagihan dan juga mempermudah Anda dalam mengatur keperluan bulanan.

4. Membuat laporan keuangan harian

Jangan takut dianggap pelit karena membuat laporan keuangan harian. Hal tersebut penting dilakukan agar kesehatan finansial Anda senantiasa terjaga. Tak perlu serumit laporan keuangan perusahaan berskala besar, sederhana saja, bisa berupa jurnal yang mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan tambahan jika ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x