Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Meditasi Jalan Meraih Kesehatan Lahir Batin

1 Maret 2023   20:23 Diperbarui: 1 Maret 2023   20:34 324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak Perlu Jadi Petapa 

Banyak orang mengira bahwa meditasi hanyalah bagi orang yang kurang kerjaan,karena sama sekali tidak pernah tahu tentang manfaat dari meditasi ini.  Saya dulu seperti itu juga,karena berpikir bahwa meditasi hanya cocok bagi mereka yang mau meninggalkan hal hal duniawi dan menjadi Petapa di hutan ataupun di gunung. Tetapi sejak saat saya terbaring berbulan bulan ,karena mengalami cidera otak yang parah ,serta tidak dapat melakukan aktivitas apapun,baru sadar bahwa dengan suasana hati yang bergalau dan pikiran yang berkecamuk,saya tidak mungkin mampu bertahan hidup .Tapi bagaimana caranya bermeditasi? Sungguh pada waktu itu saya sama sekali tidak tahu. Saya hanya mencoba melakukan contemplasi dengan cara dan gaya sendiri,demi untuk mendapatkan ketenangan dan keteguhan dalam keadaan sakit. Dan saya merasakan ,secara perlahan lahan ,mampu menenangkan hati dan pikiran .

Sejak saat itu,saya berjanji pada diri sendiri,kelak bila saya sembuh,saya akan belajar bagaimana meditasi yang sebenarnya. Setelah bertahun tahun kemudian,saya bahkan menulis beberapa buah karya tulis yang isinya adalah tentang meditasi Bahwa tidak ada guru di dunia ini yang dapat secara persis mengajarkan kita tentang bagaimana bermeditasi. Yang dapat diajarkan adalah tata cara dan sikap tubuh,sedangkan perjalanan meditasi ,adalah merupakan pengalaman pribadi ,antara diri kita dengan Sang Maha Pencipta

img20230301204643-3-63ff518381352323a47f8f02.jpg
img20230301204643-3-63ff518381352323a47f8f02.jpg
Mindfulness Meditation 

Meditasi adalah suatu praktik yang telah dilakukan selama ribuan tahun oleh berbagai budaya dan agama di seluruh dunia. Meditasi dapat diartikan sebagai proses di mana seseorang berusaha untuk mencapai kesadaran atau keadaan ketenangan melalui latihan refleksi diri.  Meditasi sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Antara Lain:

  • Meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres 
  • meditasi dapat membantu mengurangi tingkat stres, kecemasan, dan depresi pada individu.
  • membantu meningkatkan kesejahteraan psikologis dan meningkatkan kualitas hidup.
  • meningkatkan kemampuan kontrol diri 
  • meningkatkan daya ingat membantu melatih otak 
  • meningkatkan kesehatan fisik 
  •  menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung
  • meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh.
  • mencegah penurunan daya ingat 
  • mencegah terjadinya penuaan dini

img20230301202405-3-63ff51a8c767480bac4b8815.jpg
img20230301202405-3-63ff51a8c767480bac4b8815.jpg
Meditasi Dapat Dilakukan Dimana Saja

Meditasi dapat dilakukan dimana saja. Tapi bagi pemula,alangkah eloknya mencari tempat yang tenang ,sehingga tidak terganggu oleh kebisingan . Tapi bila sudah menjiwai meditasi dan menjalani hidup meditatif,maka kita dapat melakukan meditasi dimanapun.Saya pernah diminta oleh Gramedia,untuk menunjukan cara bermeditasi di Toko Buku Gramedia  di Makasar. Dan dihadapan ratusan pengunjung yang ingin tahu tentang meditasi,saya melakukan meditasi tanpa terganggu sama sekali

Saya sudah mengajarkan meditasi sejak tahun 1998  .Bersama dengan isteri tercinta ,mengelilingi seluruh nusantara dari Sabang hingga ke Merauke. Bahkan buku karya tulis saya ,yang dicetak oleh PT Elekmedia komputindo di Jakarta,  dijadikan  referensi oleh Wikipedia bahasa Indonesia.Kemudian ,dengan didampingi istri tercinta,kami berkeliling di seluruh nusantara dan mengunjungi lebih dari 100 kota,untuk mengajarkan tentang meditasi, agar orang banyak yang mungkin mengalami gangguan kesehatan seperti yang saya alami,dapat meraih kesembuhan dengan melakukan meditasi secara alami

Cara mempraktikkan meditasi bagi Pemula

 Cari tempat yang tenang,jauh dari kebisingan TV atau radio.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun