Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Begitu Banyak Kemudahan di Negeri Kita

6 Februari 2020   18:20 Diperbarui: 6 Februari 2020   18:26 209 18 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Begitu Banyak Kemudahan di Negeri Kita
Ket. foto: di australia, hari Minggu adalah hari istirahat, tidak boleh ada tukang yang bekerja | dokumentasi pribadi

Yang Tidak Mungkin Diperoleh  di Australia

Kesempatan bertemu dengan teman-teman lama, maupun sanak famili selalu diawali dengan ungkapan, "Enak ya, Om dan Tante dapat kesempatan tinggal di Australia." Kalau saya jawab, "Tidak enak", tentu berarti saya adalah tipe manusia yang kurang tahu berterima kasih. Sudah dikasih numpang gratis, nggak bayar pajak dan layanan kesehatan gratis, apa bukan enak namanya? Belum lagi, kalau saya ceritakan bahwa sebagai warga senior, ke mana saja kami menggunakan transportasi umum, seperti Kereta api, trem, dan bis secara gratis. 

Ada Enak dan Ada Tidak Enaknya

Anggap saja,bagian yang :"enak enak" sudah ditulis di alinea pertama ,maka kini mari kita catat hal hal yang tidak enaknya.Antara lain:

Bagi yang Hobi Berkebun

Mau menanam bunga di pot, perlu keluar uang beli tanah, setidaknya 5 dolar atau 50 ribu rupiah ,belum termasuk pot bunga. Mau tanam sayur? Harus beli tanah satu trailer dengan harga sekitar 50 dolar atau 500 ribu rupiah. Mengapa? Karena umumnya tanah di Australia terdiri dari pasir gersang dan batu batuan. Mau tanam pohon? Harus punya modal untuk pasang selang air otomatis agar pagi dan sore, selang menyirami pohon.

Bagi yang Hobi Memancing

Harus ada license dan tentu  saja tidak gratis. Lumayan 35 dolar atau senilai 350 ribu rupiah. Itupun ada aturan yang harus ditaati. Yakni harus yang ukurannya sesuai aturan minimal. Kalau kecil, harus dilepaskan kembali. Mau coba-coba pura-pura tidak tahu? Boleh saja, tapi ada denda on the spot. Ada jenis ikan yang hanya boleh dipancing paling banyak 2 ekor dalam sekali kunjungan. 

Kalau menangkap Abalone, lain pula izinnya dan harus bayar 60 dolar setahun. Itupun ada aturan, yakni ada hari hari tertentu saja dan paling maksimal boleh diambil dalam sekali kunjungan adalah  15 ekor. Kalau lebih akan didenda 200 dolar.

Mau Bikin Kolam Renang atau Kolam Ikan ?

Kalau di negeri kita, kalau punya pekarangan dan cukup dana, mau bikin kolam renang atau kolam ikan maupun kolam susu, itu urusan kita. Mau bikin dalamnya 1 meter atau 2 meter itu juga suka-suka kita. Tapi di Australia, walaupun punya uang dan pekarangan yang lapang, harus ada izin tertulis. Pokoknya kalau kolam dalamnya lebih dari 30 cm, harus ada izin, titik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x