Mohon tunggu...
Shintia Putri Hermawan
Shintia Putri Hermawan Mohon Tunggu... Lainnya - X MIPA 5

PELAJAR

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Yuk, Kenali Beragam Manfaat Lidah Buaya!

21 September 2021   21:07 Diperbarui: 22 September 2021   19:24 43 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yuk, Kenali Beragam Manfaat Lidah Buaya!
img-20210921-092437-614ae0e34f2b067a8e5cf562.jpg

Lidah Buaya atau yang biasa disebut Aloe Vera merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tanaman Lidah Buaya ini telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa. 

Lidah Buaya layak disebut sebagai tanaman herbal karena mengandung sekitar 75 jenis zat yang bermanfaat dan kurang lebih sekitar 200 senyawa lain yang sangat berkhasiat. 

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memaksa seseorang untuk terus berinovasi dan membuat banyak hal baru, misalnya, produk perawatan kulit. Belakangan, Lidah Buaya juga telah berubah fungsi menjadi bahan baku farmasi dan kosmetik, sementara di bidang pangan biasanya menggunakan Lidah Buaya sebagai bahan makanan ataupun minuman kesehatan. Budi daya Lidah Buaya tidak begitu sulit dilakukan, bahkan di tempat seperti polybag tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. 

Teknik menanamnya pun secara umum hanya dengan memotong daunnya lalu ditancapkan di tanah bisa dipastikan tumbuh dengan sempurna. 

Masa panen tanaman Lidah Buaya dapat dilakukan setelah pelepah mencapai kisaran 0,75-1kg atau tanaman telah berumur 10-12 bulan. 

Setelah panen Lidah Buaya ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kegunaan, salah satunya adalah diolah menjadi makanan, contohnya Jelly Lidah Buaya. Tidak hanya dalam bentuk makanan saja, Lidah Buaya juga bisa diolah menjadi minuman yang menyehatkan. 

Dengan teknik pengolahan sederhana kulit Lidah Buaya dikeringkan dan mengkonsumsinya seperti layaknya kita membuat minuman teh, atau daging Lidah Buaya dijadikan sebagai bahan campuran es buah dan bisa juga langsung dipotong kotak-kotak diminum dengan sirup dan ditambahkan es batu, jadilah Es segar Lidah Buaya. Selain itu Lidah Buaya bisa juga di ekspor ke luar negeri dan di jual kepada pabrik-pabrik pembuat kosmetik. 

Sudah terbukti bahwa sebenarnya tanaman Lidah Buaya memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk memelihara kesehatan rambut saja. Lebih jauh, tanaman Lidah Buaya juga memiliki segudang manfaat lain yang bisa digunakan. 

Dan karena ini adalah produk yang alami dan herbal maka pemanfaatan Lidah Buaya tidak menimbulkan efek samping yang merugikan manusia, juga ide dan kreatifitas memang diperlukan untuk membuat produk-produk yang mempunyai potensi jual di pasaran. Jika kita terus mengembangkan ide-ide kreatif dan terus mengembangkan budi daya Lidah Buaya, maka peluang bisnis akan semakin terbuka lebar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan